Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Berbagai Manfaat Dan Perawatan Tanaman Rambutan Unggul


Salah satu buah tropis yang berwarna merah, di penuhi rambut-rambut di kulit buahnya dan berasa manis adalah Buah Rambutan. Buah ini sering kita jumpai dan kita santap ketika musim buah Rambutan. Karena buah ini merupakan buah musiman dan hanya berbuah satu tahun sekali. Tanaman yang mempunyai nama latin Nephelium Sp. ini dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis dan subtropis. Menanam Rambutan dengan perbanyakan dari Biji (Generative) berbuah pertama kali pada umur 7 tahun setelah tanam, sedangkan dari perbanyakan Okulasi, Cangkok (vegetative) dapat belajar berbuah pada umur 2 tahun setelah tanam. Tentu dengan perbanyakan vegetative akan lebih cepat mempersingkat waktu dalam masa berbuahnya.


 Segala sesuatu yang di ciptakan oleh yang Maha Kuasa pasti mempunyai manfaat, salah satu dalam buah rambutan ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Manfaat rambutan di antara dapat mengontrol kadar oksigen dalam tubuh karena di dalam buah ini mengandung cukup banyak zat besi. Selain itu buah rambutan juga dapat mengatasi gejala diare, mengobati demam, membunuh parasit yang berada di usus manusia. Kandungan vitamin C dan vitamin B3 nya juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, meningkatkan kesehatan ginjal, tulang, dan gigi.

Jika anda tertarik untuk bertanam rambutan di pekarangan atau lahan yang cukup luas, dan ingin tanaman tersebut berbuah lebat berikut tips yang perlu di lakukan sebelum penanaman dan perawatan tanaman rambutan.
Penanaman
1.Gali tanah berukuran 60x60x60 cm
2. Jarak tanam antar bibit sekitar 12 x 12 meter
3. Berikan pupuk kandang ke dalam lubang tanah sekitar 2 kaleng
4. Setelah selang waktu 1 minggu, bibit rambutan sudah boleh di tanam. Waktu yang paling baik         adalah menjelang musim penghujan atau menjelang musim kemarau
5. Pilihlah bibit yang berkualitas unggul, atau anda bisa mendapatkan bibitnya di Warung Bibit.Com

Pemupukan
Jangka waktu 2 - 6 bulan setelah bibit rambutan di tanam, berikan pupuk NPK sekitar 200 gram, Setelah memasuki tahun kedua berikan dosis 450 - 500 gram dan di berikan dua kali dalam setahun. Setelah memasuki tahun ke tiga bisa di tambahkan menjadi 750 gram dan kemudian seterusnya.

Penyiraman
Penyiraman tanaman harus di lakukan kecuali jika waktu musim hujan. Pada saat musim kemarau, tanaman ini hendaknya di siram 2 kali dalam sehari. Hindari tanaman tergenang air karena dapat menyebabkan busuk akar.

Pemangkasan
Pemangkasan harus sering di lakukan untuk meremajakan batang yang sudah tua.

Pencegahan Hama dan Penyakit
Hama yang paling banyak menyerang tanaman rambutan adalah semut, tupai, ulat, , kelelawar dan kutu. Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman rambutan adalah bercak pada daun, batang, dan akar putih. Untuk mencegah hama dan penyakit dapat dengan pemberian pupuk furadan (Ulat) atau menyemprotkan insektisida.

Kami menyediakan bibit rambutan unggul, tersedia juga bibit rambutan rapiah dan binjai. Silahkan hubungi :

Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari Rt 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Hotline    : 085729710988 ( Call / WA ), 085228366998
Pin BB    : 53E2E097





0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami