Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , » Mudahnya Budidaya Tanaman Jambu Madu Deli

Mudahnya Budidaya Tanaman Jambu Madu Deli

Bibit Madu Deli Unggul

Jambu air madu deli hijau dan merah kesuma dikukuhkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) sebagai varietas unggulan asal Sumatra Utara. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian nomor 048/ Kpts/ SR.120/ D.2.7/ 5/ 2013 tentang Tanda Daftar Varietas Tanaman Hortikultura yang ditanda tangani oleh atas nama Menteri Pertanian.
Berbeda dengan buah jambu air pada umumnya, jambu madu deli memiliki ukuran yang cukup besar. Buahnya, bisa mencapai sekepalan tangan orang dewasa. Rasanya juga manis, tidak berbiji, dengan tekstur daging lebih padat. Itulah alasannya, jambu ini banyak diburu konsumen. Kelebihan jambu air ini diantaranya memiliki rasa yang sangat manis 'semanis madu' sehingga tidak heran kalau jambu ini mendapat julukan sebagai jambu madu.


Bibit Jambu Madu Deli Unggul
Jambu ini memiliki kadar kemanisan tinggi sehingga sempat menimbulkan kontroversi di tingkat peneliti dan kalangan tertentu yang meragukan hasil penelitian tersebut. Namun penelitian selanjutnya membuktikan hasil yang sama. Meski tingkat kematangannya masih 20 – 30%, jambu madu deli hijau memiliki rasa manis yang sangat tajam.
Keunikan lainnya, jambu madu deli hijau ini dikenal sebagai tanaman jambu air yang mampu berbuah di usia satu tahun. Deli Hijau juga dikenal sebagai tanaman genjah, atau tanaman yang cepat berbuah.
Semua mengandalkan pupuk kandang, atau organik. Selain itu, pemilik tanaman ini cukup menyiram air setiap hari agar tanahnya basah, diberi pupuk organik secara rutin, serta telaten membuang setiap bunga yang muncul di sela pucuk daun agar buahnya bisa tumbuh besar.
Untuk pemupukan dilakukan 1 bulan setelah pemindahan bibit polybag ke pot. Saat pemupukan masa vegetatif menggunakan pupuk organik SAN dan saat masa generatif menggunakan pupuk organik ASBUN. Pemupukan dilakukan tiap bulan dg kadar secukupnya. Pupuk tersebut ana pakai dan hasilnya cukup bagus utk pertumbuhan masa vegetatif dan masa generatifnya.
Jambu Madu Deli dari stek dan cangkok akan mulai berbunga dan berbuah 8 sd 10 bulan sejak dipindah dari bibit yg di polybag ke pot, planterbag atau polybag ukuran 60/70 dan akan optimal berbuah saat berumur 1.5 tahun ditandai dg buah berada pada batang bukan ujung batang.
Dalam satu dompol buah bisa sampai 20 buah yg dalam satu tangkai buah rata-rata terdiri dari 3 calon buah. Sebaiknya dari 3 calon buah tersebut disisakan 1 buah saja yg berbentuk baik dan bebas dari hama penyakit. Sehingga dalam 1 dompol hanya dipelihara 5 sd 7 buah saja. Tujuan penjarangan ini berguna agar buah besar, manis dan mencegah patahnya ranting dan batang pohon Jambu. Saat usia 1.5 tahun rata-rata 1 pohon menghasilkan 10 sd 15 kg.

Jika Anda ingin mendapatkan bibit unggulnya, silahkan datang ke tempat kami :
WARUNG BIBIT  (Bpk Usman)
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari Rt 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp : 085228366998 / 085729710988 atau BBM 53E2E097. 


Temukan kami di Tokopedia , Tempat jualan Online Aman dan Terpercaya,
Warung Bibit sudah berjualan di sana,

 
 
 














bibit jambu madu deli | pohon jambu madu deli | jambu madu deli unggul | buah jambu madu deli | buah jambu paling manis | budidaya jambu air madu deli | bibit jambu madu deli murah | pemeliharaan tanaman jambu madu deli | manfaat buah jambu | penyiraman jambu madu deli | tanaman jambu madu deli

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami