Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , » Tanaman Bisbul Unggul Buah Mentega Nan Elok Yang Semakin Langka

Tanaman Bisbul Unggul Buah Mentega Nan Elok Yang Semakin Langka


Buah yang mempunyai nama "bisbul" ini berbentuk bulat seperti jambu biji namun memiliki bulu halus seperti beludru. mempunyai warna kuning jika mentah dan merah ketika sudah matang. Warna merahnya akan lebih kelihatan jika bulu halus yang terdapat pada kulit buahnya digosok kan dengan kain dan buah ini akan mengkilap dengan warna merah merona. Buah yang tergolong langka ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae) dan mempunyai kerabat atau masih satu rumpun dengan kesemek.

Selain nama bisbul, buah ini juga sering di sebut dengan buah mentega karena merujuk pada buah dan bau daging buahnya yang seperti mentega, sedangkan konon nama bisbul sendiri berasal dari bentuk buahnya yang seperti bola baseball.

Buah bisbul berbuah sepanjang tahun alias berbuah tidak mengenal musim. jarak dari munculnya bunga sampai berbuah sekitar empat bulan. dan buah ini baru berbuah jika berumur 8 tahun ( jika perbanyakan dengan biji / Sistem generative) namun jika perbanyakan dengan sistem vegetative tentu akan lebih cepat lagi masa berbuahnya. Buah ini sangat enak jika dimakan dalam keadaan segar atau baru di petik dari pohonnya. Daging buahnya juga dapat diiris iris dengan di kombinasikan dengan buah lainnya untuk dijadikan minuman es buah. Bisbul memiliki biji yang cukup besar berbentuk bulan sabit dan daging buahnya beraroma sangat wangi bahkan ada kesan berbau seperti buah melon, salak, serta ada perpaduan rasa seperti buah nona atau srikaya. Soal rasa?? Rasanya legit, manis dan gurih. Pokonya mantap dech. Jika anda penasaran, silahkan bisa mencobanya...

Bisbul memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dan ini sangat baik untuk di konsumsi. salah satu manfaat kesehatan yang di dapat dari buah bisbul diantaranya  berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata  dan mencegah sembelit.

Namun sayang, tak banyak orang yang menanam tanaman langka ini. Tak ada salahnya, jika kita ikut kreatif untuk melestarikan tanaman-tanaman langka yang sudah mulai jarang kita jumpai. Selain buahnya bisa kita konsumsi dan mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak, pohonnya juga bisa digunakan sebagai tanaman perindang. Selain itu, tanaman bisbul juga tidak memerlukan perawatan ekstra untuk bisa berbuah.

Bagaimana?? Anda tertarik untuk menanamnya?
silahkan bisa dapatkan bibit bisbul unggul hanya di sini,

Bang USMAN  ( Warung Bibit )
Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Hp / WA  : 085729710988 atau BBM : 53E2E097






0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami