Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , » Yuuuk, Mengintip Sedikit Tanaman Sawo Kecik Unggul Yang Mak-Nyus

Yuuuk, Mengintip Sedikit Tanaman Sawo Kecik Unggul Yang Mak-Nyus


Terdapat Berbagai varian buah sawo yang dapat kita jumpai, diantaranya ada sawo kecik, sawo jumbo, sawo manila, sawo mentimun, sawo hitam ( Black Sapote ), sawo putih ( White Sapote ) dan mungkin masih ada lagi jenis sawo lainnya yang belum kita ketahui. Sawo kecik juga sering disebut dengan sawo jawa karena banyak di jumpai di wilayah jawa khususnya lingkungan keraton baik keraton yogyakarta hadiningrat maupun surakarta. Secara fisolofi buah sawo kecik di identikkan dengan sarwo becik (Serta baik), Konon di Yogyakarta tanaman ini hanya di tanaman untuk lingkungan keraton atau untuk para abdi dalem saja.

Tahukah Anda, Bagaimana kah ciri-ciri dari si buah sawo kecik ini ?? yuuk kita simak sedikit deskripsi buahnya .... :-)
Buah Sawo Kecik ini berbentuk bulat telur atau bulat telur sungsang dan mempunyai ukuran yang kecil dengan panjang berkisar 3.7 cm. Buah ini mempunyai kulit pembungkus yang sangat tipis namun mudah dikelupas. Jika buah masih muda berwarna merah cerah atau orange sedangkan ketika sudah masak akan berwarna merah tua. Rasa buah ini sangatlah manis, lezat, daging buah bertekstur lembut walaupun terkadang soal rasa terasa sedikit agak sepat.

Salah satu alasan mengapa sawo kecik ini banyak di jumpai di lingkungan keraton, Ternyata karena buah sawo kecik ini sangat di gemari oleh para puteri-puteri keraton dan berkhasiat sebagai pengharum alami.  Mengkonsumsi buah sawo kecik membuat keringat, napas dan air seni kita menjadi harum. Tak hanya buahnya, daun sawo kecik mampu di gunakan sebagai pengobatan herbal yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Untuk menjaga kelestarian tanaman sawo kecik yang semakin langka, kita bisa membudidayakan / menanam tanaman ini. Perbanyak








0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami