Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , » Cara Paling Jitu Mengusir Hama Yang Menyerang Tanaman Durian - Warung Bibit.Com

Cara Paling Jitu Mengusir Hama Yang Menyerang Tanaman Durian - Warung Bibit.Com

hama tanaman durian | cara pengendalian hama tanaman durian | penyakit tanaman durian | perawatan tanaman durian | cara merawat tanaman durian | hama durian
    
      Buah durian sangat di sukai di Indonesia, sehingga tak heran jika buah ini sangat populer di tanah air. Bahkan mulai dari Sabang - Merauke banyak sekali pembudidaya tanaman durian dengan beraneka macam jenisnya, mulai dari durian bawor, musang king, montong, matahari, Ochee, kumbokarno, gundul, durian merah, duri hitam, kani, petruk dan masih banyak lagi varian lainnya dengan berbagai kelebihannya. Tanaman durian dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia dengan ketinggian hingga 800 m diatas permukaan air laut.

      Sebenarnya menanam durian tidaklah sulit, apalagi di dukung dengan iklim yang sesuai, tanah yang subur. Hal ini berpotensi untuk menghasilkan tanaman durian dengan buah yang unggul dan berkualitas. Namun terkadang tak selamanya pembudidaya ini mengalami hal yang mulus dari proses penanaman, perawatan hingga panen tiba karena terkadang banyak sekali hambatan yang di laluinya seperti hama tanaman yang menyerang tanaman durian baik saat belum berbuah maupun ketika berbuah dan hendak di panen.

Berikut merupakan jenis hama yang menyerang tanaman durian dan cara pengendaliannya :

No
Jenis Hama Durian
Gejala
Pengendalian
1
Penggerek Buah (Gala)
Terdapat lubang pada dinding-dinding buah dan terkadang buah jatuh sebelum matang.
Pemberian insektisida, seperti Basudin, Sumithion 50 AC, Thiodan 35 EC, dengan dosis 2-3 cc/liter air.
2
Ulat Penggerek Bunga
Kuncup bunganya rusak dan putik banyak yang berguguran. Benang sari dan tajuk bunga pun rusak semua, sedangkan kuncup dan putik patah akibat digerek ulat.
Penyemprotan obat-obatan seperti Supracide 40 EC, nuvacrom SWC, Perfekthion 400 EC (Eimetoat 400 gram/liter).
3
Ulat Penggerek Batang
Menumpuknya kotoran di bawah batang hingga keluar air dengan kotoran berwarna merah dan berakibat tanaman yang terserang akan layu dan mati.
Batang tanaman yang terserang dipotong 5 cm kemudian dimusnahkan. Bisa juga dilakukan dengan memasukkan kawat ke dalam lubang dengan harapan ulat terkena dan mati.
4
Kutu Loncat Durian
Daun-daun menjadi kerdil dan banyak semut-semut bergerombol.
Daun dan ranting-ranting yang terserang dipangkas untuk dimusnahkan. Pengendalian secara kimia dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida Supracide 40 EC dosis 100-150 gram/5 liter air.
5
Lalat Buah
Buah menjadi busuk, berulat, dan akhirnya rontok.
Kultur teknis => Sanitasi lingkungan dengan pengumpulan buah yang terserang, baik yang terjatuh maupun yang masih di pohon untuk kemudian dimusnahkan.
Mekanik => Menggunakan perangkap atraktan (metil eugenol, protein hidrolisa, atau selasih) dalam alat perangkap yang terbuat dari botol bekas air minum yang diberi lubang untuk masuknya lalat buah.


      Memanglah dalam berkebun segala macam tanaman buah harus diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam perawatannya. Dan kitapun harus jeli, karena ketika ada tanaman durian yang terserang hama harus segera cepat diatasi agar tanaman tersebut tetap tumbuh sehat / pertumbuhannya tidak terhambat sehingga menghasilkan buah yang berkualitas dalam jumlah banyak. Dan ketika kita melakukan semua nya dengan hati ikhlas tentu segala macam rintangan dan hambatan dalam berkebun akan terasa ringan.

Bagaimana?? Anda tertarik untuk bertanam durian setelah mengetahui cara pengendalian hama tanaman durian seperti yang terkandung dalam artikel diatas ??
Jika anda tertarik, anda bisa mendapatkan bibit tanaman durian unggul ( Di sini tersedia ber aneka jenis bibit durian ), silahkan bisa kunjungi :

Bang USMAN ( Warung Bibit )
Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988, 085228366998 atau BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami