Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Lebih Jauh Mengenali Pisang Batu / Pisang Klutuk

bibit pisang batu | bibit pisang klutuk | budidaya pisang batu | budidaya pisang klutuk | manfaat pisang batu | manfaat pisang klutuk

Pisang klutuk / pisang batu ini sangatlah populer di kalangan masyarakat. tak hanya buahnya yang bermanfaat, daunnya juga sering digunakan sebagai bungkus makanan tradisional karena berbentuk panjang, lebar serta alot. Pisang batu dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah, baik ditanam ditegalan dan pekarangan rumah atau daerah yang cukup air dengan ketinggian hingga 2000 m dpl.

Pisang batu / pisang klutuk merupakan jenis pisang yang unik namun bukan karena rasanya yang cenderung manis, tapi tampilan daging buahnya dipenuhi dengan bebijian berwarna hitam. Biji tersebut mempunyai tekstur kulit yang kasar dan cangkang yang keras. Nama pisang klutuk ini sendiri juga bersumber dari biji tersebut dan terdengar saat seseorang memakan pisang klutuk. Kehadiran biji pada daging buah pisang klutuk ini membuat banyak orang malas untuk mengkonsumsinya bahkan menjauhinya. Sebenarnya daging pisang klutuk memiliki rasa manis yang khas.

Seperti tanaman pisang lainnya, pohon pisang klutuk mempunyai perakaran serabut dan mempunyai batang semu yang sebenarnya tersusun atas tumpukan pelepah daun yang tumbuh dari batang tanah sehingga bisa mencapai ketebalan 50 cm. Di masyarakat kita, pisang klutuk ini lebih banyak digunakan sebagai obat sariawan, bahan pakan burung, bahan pakan ternak, dan peruntukan lainnya. Sebagai bahan makanan, di Jawa Timur pisang klutuk yang masih muda sering kali dipakai sebagai salah satu bumbu penyedap masakan rujak uleg karena rasa sepet nya yang khas.

Kami menyediakan bibit pisang klutuk / pisang batu unggul. Bibit Sudah Siap tanam dan kondisi fresh.
Silahkan untuk mendapatkan bibitnya anda bisa ke tempat kami atau melakukan pemesanan melalui :

Bang USMAN / Warung Bibit
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988 atau BBM 53E2E097



0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami