Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , » Nangkadak Unggul, Hasil Pemuliaan Tanaman dari Persilangan antara Nangka Mini dan Cempedak

Nangkadak Unggul, Hasil Pemuliaan Tanaman dari Persilangan antara Nangka Mini dan Cempedak


Buah Nangkadak ?? Siapa sich yang tak kenal dengan buah ini... buah yang sekilas mirip dengan buah nangka ini memang tergolong unik kawan ... !! Buah hasil persilangan dari Ibu Nangka varietas mini dan Ayah Cempedak ini menghasilkan buah Nangkadak. Berbeda lho dengan buah Nangka dan cempedak.
Nangkadak ini tanamannya memang mirip dengan cempedak, namun masalah ukuran buahnya lebih mirip dengan nangka mini hanya saja bentuk buahnya bulat telur memanjang. Rasa daging buahnya lebih lembut / tanpa serat dan mudah dipisahkan dari dami dan kulit buahnya. Dengan warna buah kuning cerah dan beraroma wangi.

Keunggulan yang dimiliki nangkadak ini diantaranya adalah tanaman sangat genjah, umur 2 tahun sejak perbanyakan vegetative sudah belajar berbuah. Rasa buah nangkadak tidak terpengaruh kondisi cuaca ( buah yang dipanen ketika musim hujanpun tetap manis ). Produksi buah cukup tinggi mencapai 30 - 40 buah setiap periode panen, sedangkan berat perbuah antara 2 - 5 kg. Dan ternyata ... tanaman nangkadak ini dapat dijadikan sebagai tabulampot lho, anda bisa mencoba menanamnya.

Nangkadak merupakan hasil rekayasa yang dilakukan para Ahli Pemuliaan Tanaman dari Taman Wisata Mekarsari yaitu dengan melakukan perkawinan silang antara nangka mini (Artocarpus heterophyllus) dan cempedak (Artocarpus integer Merr) pada tahun 2000. Dari hasil penelitian intensif selama tiga tahun, mereka menemukan tiga varietas unggul baru yaitu, nangkadak, cempeka dan pedakka. Namun setelah dilakukan serangkaian pengujian kualitas, kuantitas, daya hasil dan multilokasi selama hampir tiga tahun, terpilihlah Nangkadak sebagai calon spesies yang berpenampilan paling stabil.

Untuk perawatannya, hampir sama dengan tanaman nangka sejenisnya. Penyiraman, pemupukan, pemangkasan juga perlu dilakukan. Penyiraman dilakukan secara rutin setiap hari ketika tanaman masih kecil. dan bisa juga dilakukan saat media tanah kering / saat musim penghujan tidak perlu di siram ketika tanaman sudah besar dan perakarannya banyak. Pemupukan juga dilakukan untuk memenuhi nutrisi pada tanaman nangkadak agar cepat berbuah dan bisa berbuah lebat.

Jika anda tertarik untuk menanam nangkadak ini, silahkan bisa mendapatkan bibitnya hanya ditempat kami. Bibit sudah siap tanam dan kualitas unggul.

Alamat Kami :

Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988, 085228366998 atau BBM 53E2E097












0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami