Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Budidaya Kelapa Gading Unggul - Warung Bibit

jual bibit kelapa gading | budidaya kelapa gading | cara bertanam kelapa gading | pohon kelapa gading

Pohon Kelapa gading memang tidak dapat tumbuh menjulang tinggi seperti kelapa biasa. Kelapa jenis ini merupakan kelapa genjah yang berperawakan pendek dengan penampilan buahnya yang berwarna kuning gading dan warna daunnya yang cerah. Jika kelapa biasa akan berbuah ketika umur 8  tahunan, kelapa genjah termasuk kelapa gading ini akan berbuah saat umur 3 - 4 tahunan. Namun saat kelapa gading ini berumur 15 tahun produktivitas cenderung menurun, dan anda tentu harus melakukan peremajaan / menggantikan tanaman yang baru lagi.

jual bibit kelapa gading | budidaya kelapa gading | cara bertanam kelapa gading | pohon kelapa gading
Karena penampilannya yang bagus, kelapa ini juga banyak di tanam di pekarangan / depan rumah karena selain dapat kita petik sebagai bumbu masak maupun minuman kelapa dapat pula dijadikan untuk tanaman hias. Ukuran yang pendek dan sosoknya yang indah tidak akan merusak pemandangan mata yang melihatnya.

Pohon yang bernama latin Cocos Nucifera varietas Eburnea ini berbuah lebih lebat dari kelapa lainnya. Mempunyai daging buah yang tebal dan lembut adalah salah satu ciri khas dari kelapa ini. Tak heran, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki olehnya dan permintaan pasar yang semakin meningkat banyak petani Indonesia yang tertarik untuk membudidayakannya.


Pemeliharaan Tanaman Kelapa Gading
Pada saat pohon kelapa gading masih muda atau masih dalam keadaan bibit, terkadang akan diserang hama tanaman jenis cendawan Paslalozzia. Salah satu akibat dari serangan hama ini yaitu ditandai dengan daun-daun yang menjadi blorok. Untuk menanggulanginya anda bisa menyemprotkan dengan 0,5 % Shell Coppoi Fungicide, 50 % Cu.WP sebagai penjagaan. Sebaiknya penyemprotan ini diulangi 2 - 3 kali setiap 2 bulan. Apabila pohon kelapa gading sudah mencapai umur 2 tahun, tanah sekitarnya perlu ditutup dengan cara ditanami dengan tumbuh-tumbuhan penutup tanah yang tidak mengganggu, seperti si kejut (Mimosa invisa) dan lain-lain.

Selain penyemprotan, perawatan selanjutnya hanya berupa penyiraman-penyiraman. Rerumputan sekitar batang supaya bersih tanahnya dicangkul di sana sini yang masih terbuka diantara tumbuh-tumbuhan penutup tanah tadi. Namun apabila penutup tanah tadi memang sudah bagus, maka rerumputan liar yang mengganggupun biasanya tidak dapat tumbuh.

Setelah tanaman kelapa gading sudah berumur 3 tahun, biasa akan belajar berbuah. Mulailah ia akan diserang bermacam-macam hama serangga. Namun sebelum hama tersebut meraja lela, sebaiknya anda turun tangan mencegah serangga dengan penyemprotan insektisida seperlunya. Serangga yang biasanya menyerang kelapa gading dapat dicegah dengan semprotan 2 % Dieldrin 50 % W.P. dan penyemprotan ini harus dilakukan secara teratur tiap dua bulan sekali sampai buah-buahnya nampak jelas sudah jadi buah betul yang besar-besar dan tidak rontok.

Demikianlah sedikit ringkasan seputar kelapa gading, semoga bermanfaat.

Jika anda tertarik untuk menanamnya, silahkan dapatkan bibitnya di sini :

Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 0818 0225 7111 / 085228366998 BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

PISANG BARANGAN

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung