Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , , , » Mahoni Unggul - Semua Bagian Dari Pohonnya Memberikan Manfaat Besar

Mahoni Unggul - Semua Bagian Dari Pohonnya Memberikan Manfaat Besar

pohon mahoni | bibit mahoni | jual bibit mahoni | budidaya mahoni | bertanam mahoni | pemeliharaan tanaman mahoni | manfaat mahoni | khasiat mahoni

Mahoni, Sangat terkenal sekali di Indonesia. Tanaman kayu keras ini mempunyai nilai yang cukup tinggi dikarenakan kualitasnya yang sangat baik, selain itu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Pohon mahoni tumbuh menjulang lurus dengan ketinggian 25 meter dan dengan bertambahnya tahun diameternya mampu mencapai 1 meter lebih. Walaupun memerlukan banyak kesabaran untuk memanen pohon mahoni ini dikarenakan pertumbuhannya yang lama namun tak ada salahnya jika anda mencoba untuk berinvestasi mahoni ini.

Pohon mahoni juga sering kali kita lihat di pinggir-pinggir jalan dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh, ataupun dikota-kota besar sebagai tanaman hijau kota. Di hutan-hutan liar maupun hutan lindung tanaman ini juga sangat baik untuk program penghijauan atau reboisasi. Kualitas akan kayu mahoni ini bahkan hanya satu tingkat dibawah kayu jati, sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan furniture, meubel, barang ukiran dan kerajinan tangan.

pohon mahoni | bibit mahoni | jual bibit mahoni | budidaya mahoni | bertanam mahoni | pemeliharaan tanaman mahoni | manfaat mahoni | khasiat mahoni
Mahoni berkembangbiak dengan cara generative atau biji. Setelah umurnya dewasa yaitu sekitar 7-8 tahun mahoni sudah mulai berbunga. Buahnya berbentuk bulat telur, kalau masih muda berwarna hijau dan setelah besar menjadi cokelat. Dalam buah yang berlekuk lima itu berisi biji mahoni yang bentuknya pipih dengan ujungnya agak tebal berwarna cokelat kehitam-hitaman. Kalau buah mahoni sudah tua sekali, kulit buahnya akan pecah dengan sendirinya dan bentuk bijinya yang pipih itu akan beterbangan tertiup angin ke sana kemari berjatuhan ke tanah lalu tumbuh menjadi pohon mahoni baru.

Biji buah mahoni merupakan tanaman obat yang sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu. Buah mahoni mengandung flavonoid dan substansi yang disebut dengan Saponin. Flavonoid ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan Saponin sendiri berguna untuk mencegah sampar, mengurangi lemak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kulit dari batang pohon mahoni juga sangat bermanfaat untuk mewarnai pakaian. Warna yang dihasilkan dari kulit pohon mahoni adalah warna kuning. Caranya adalah dengan merebus kain bersama dengan kulit mahoni. Getah pohon mahoni yang biasanya dikenal dengan sebutan blendok, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perekat / lem. Sedangkan daun mahoni bermanfaat sebagai pakan ternak.

Wah... wah... ternyata dibalik bijinya yang terasa sangat pahit juga tersimpan khasiat yang begitu besar lho. Dan semua dari bagian pohon mahoni ini pun bermanfaat untuk kesehatan dan kehidupan manusia.
jadi, tak ada salahnya jika anda menanam pohon ini....

Masih bingung untuk mendapatkan bibit mahoni unggul ??

Datang saja di sini :

Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02 ( Arah SMP N 32 Purworejo )
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988 / 085228366998, BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami