Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , , , , » Sonokeling (Sanakeling), Kayu Mewah Nan Eksotis Pulau Jawa

Sonokeling (Sanakeling), Kayu Mewah Nan Eksotis Pulau Jawa


Menjadi primadona karena kualitas yang unggul dan penampakan dari serat kayunya yang indah merupakan salah satu dari keunggulan Sonokeling / Sanakeling ini. Karena tingkat keawetan yang sangat baik dan kuat, tak heran juga jika harga dari kayu asli Jawa ini sangatlah mahal sebanding dengan kayu jati. Namun dikarenakan banyaknya permintaan dan kurang adanya penanaman kembali, tanaman ini terancam punah keberadaannya.

Tumbuhan dengan nama latin Dalbergia latifolia Roxb merupakan tumbuhan penghasil kayu keras dari famili (suku) Leguminosae (atau disebut juga Fabaceae). Ukuran pohon Sonokeling / Sanakeling sedang hingga besar dengan tinggi mencapai antara 20-40 meter dan diameter batangnya pun bisa mencapai 1,5 meter. Pepagan (kulit bagian luar) berwarna abu-abu kecoklatan dengan alur pecah-pecah membujur.

Sepeti halnya pohon jati, kayu Sonokeling akan menggugurkan daunnya ketika musim kemaau. Karena merupakan tumbuhan asli Indonesia, Sonokeling banyak kita jumpai di daerah asalnya yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan penyebarannya secara global selain di Indonesia adalah di India (Andhra Pradesh, Karnataka, Sikkim, Tamil Nadu, Uttar Pradesh) dan Nepal. Habitatnya dari Sonokeling adalah hutan hujan tropis dengan ketinggian di bawah 600 meter dpl. Tanaman ini tumbuh secara berkelompok terutama di daerah berbatu, kering, dan kurang subur yang mengalami kering secara berkala.

Sonokeling ini banyak dimanfaatkan kayunya untuk pembuatan perabot rumah tangga dan sudah terbukti keawetannya karena memiliki tingkat kekuatan terutama pada bagian teras kayu yang tinggi. Kayu Sonokeling sangat tahan terhadap serangan rayap, serangga, dan jamur perusak kayu lainnya meski tanpa memakai bahan pengawet. Sehingga kayu jenis ini kerap dipakai dalam industri mebel, kerajinan tangan, dan pembuatan perabot rumah tangga lainnya. Digunakan juga sebagai venir kayu lapis kualitas prima hingga sebagai bahan lantai parket (lantai kayu).

Maka dari itu, jika anda mempunyai lahan yang luas investasi sonokeling / sanakeling sangat menguntungkan karena dari tahun ke tahun harganya semakin melambung tinggi. Namun memang membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk menunggu sampai panen tiba. Tapi, tak apa... anggap sajalah sebagai tabungan Anda di masa tua.

Atau mungkin anda masih bingung untuk mendapatkan bibit unggulnya? dapatkan hanya di tempat kami, kualitas unggul dan terpercaya ... !!

Adapun Alamat kami :
Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari, RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA  : 0818 0225 7111 , 085228366998
BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

BIBIT AKAR WANGI YANG MEMILIKI BERAGAM MANFAAT

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung