Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Belimbing Madu Super Unggul : Warung Bibit




Belimbing Madu - Buah belimbing yang berwarna orange asal negara Malaysia ini mempunyai rasa yang super manis lho, dengan tekstur buahnya yang renyah tak berserat, ukuran jumbo dan baunya yang harum. Tanaman belimbing madu sangatlah mudah untuk dikebunkan, karena bisa di tanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Selain mulai banyak dikebunkan di Indonesia, Belimbing madu ini merupakan buah-buahan khas daerah Tuban - Jawa Timur. Sifatnya yang begitu genjah, membuat tanaman belimbing madu banyak dipilih oleh para petani untuk di kebunkan. Bayangkan saja, dalam jangka waktu 1 tahun tanaman belimbing madu dapat dipanen sebanyak 7 - 8 kali.

Perawatan tanaman belimbing madu ini tidaklah sulit, cara perawatan yang baik diantaranya adalah sebagai :
  • Untuk penanaman bibit gunakan media tanam yang baik, menggunakan campuran sekam, tanah yang gembur, pupuk kompos ataupun pupuk kandang.
  • Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari.
  • Pemberian pupuk seperti NPK dilakukan secara berkala, setiap 3 bulan sekali sesuai dosis.
  • Jangan lupa untuk menyemprotkan insekstisida / obat hama pada tanaman untuk menjaga pertumbuhan tanaman.
  • Pemangkasan dilakukan secara berkala

Syarat Tumbuh Belimbing Madu
  1. Untuk pertumbuhan dibutuhkan situasi angin yang tidak terlalu kencang, karena angin yang kencang dapat menggugurkan bunga dan buah.
  2. Curah hujan sedang, untuk curah hujan yang tinggi akan mempengaruhi kualitas buah dan juga menyebabkan rontok nya buah dan bunga.
  3. Menghendaki tempat yang terbuka dan sinar matahari yang cukup dengan iradiasi intensitas 45-50 %. Tetapi juga toleran terhadap naungan.
  4. Suhu dan kelembaban atau pun iklimnya termasuk tipe A (amat basah), B (agak basah), C (basah), dengan 6–12 bulan basah dan 0–6 bulan kering, namun paling baik di daerah yang mempunyai 7,5 bulan basah dan 4,5 bulan kering.

Manfaat Belimbing Madu
  • Mencegah kanker, kandungan vitamin C dalam buah belimbing marupakan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi. Belimbing mengandung komponen penting yang dapat menjaga denyut jantung seperti kalium. Mengkonsumsi belimbing madu mampu mengatasi tekanan darah tinggi dan jantung.
  • Serat yang ada dalam buah belimbing membantu memperlancar pencernaan.
  • Zat Pektin dalam buah belimbing mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya.
Namun khusus penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi belimbing ini karena kandungan kadar gula yang cukup tinggi. Selain itu kandungan asam oxalat yang tinggi juga tidak baik untuk penderita penyakit ginjal karena belimbing madu atau belimbing manis mengandung racun yang dapat mempengaruhi otak dan syaraf dimana pada penderita ginjal racun tersebut tidak dapat disaring atau dibuang.



Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman belimbing madu, silahkan dapatkan bibit unggulnya hanya di tempat kami. Ukuran bibit 35 cm up asal bibit dari okulasi.
Tersedia juga aneka bibit belimbing unggul lainnya, seperti belimbing mini, belimbing dewi, belimbing putih.

Alamat Kami :
Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02 ( Arah SMP N 32 Purworejo )
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988 / 085228366998
BBM : 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami