Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Serba-Serbi Tanaman Belimbing Wuluh : Warung Bibit



Belimbing Wuluh - Belimbing ini memiliki rasa yang sangat berbeda dengan buah belimbing lainnya. Rasanya yang sangat masam menjadi ciri khas dari belimbing wuluh ini. Bentuk buah nya yang kecil agak lonjong mengandung banyak kandungan air di dalamnya. Selain bisa di gunakan sebagai bahan masakan, belimbing wuluh ini banyak di konsumsi segar dengan garam atau sambal bersamaan dengan lutisan / rujakan ataupun di buat manisan.

Buah yang memiliki nama latin Averrhoa Bilimbi ini merupakan tanaman asli Indonesia dan daratan Malaya. Tanaman belimbing wuluh dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 750 m diatas permukaan laut. Di dalam masyarakat, tanaman ini juga sering di tanam di pekarangan rumah karena sifat tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun / berbuah tidak mengenal musim.

Ternyata di balik rasa asamnya, buah belimbing wuluh ini kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Diantaranya manfaatnya adalah sebagai berikut :

  • Sari daunnya dapat digunakan sebagai obat demam.
  • Sari bunga belimbing wuluh yang telah direbus bersamaan dengan santan, dapat mengobati penyakit batuk.
  • Buah belimbing wuluh dapat digunakan sebagai penghilang noda/ mencuci tangan yang kotor sebagai pengganti jeruk nipis.
  • Buahnya dapat untuk mengobati jerawat
  • Mengatasi hipertensi dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Tanaman belimbing wuluh biasanya diperbanyak dengan sistem vegetative baik cangkok maupun okulasi, dan termasuk jenis tanaman yang mudah berbuah. Waktu yang paling tepat untuk menanam tanaman belimbing wuluh ini ketika tiba waktu hujan. Mengapa ? karena  ketika saat musim penghujan telah usai, tanaman ini sudah membentuk akar yang kokoh sehingga telah siap untuk menghadapi kekeringan di musim kemarau.

Jangan lupa, setelah menanam tanaman belimbing wuluh ini berikan perawatan yang baik meliputi penyiraman yang rutin, pemupukan secara berkala sesuai umur tanaman dan juga pemangkasan. Pemberian nutrisi yang cukup akan membuat tanaman semakin sehat, bongsor dan cepat berbuah. Tabulampot Belimbing wuluh juga menarik lho, silahkan di coba ... ^_^

Atau dapatkan bibitnya di sini :
Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02 (Arah SMP N 32 Purworejo)
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988 / 085228366998
BBM : 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami