Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Tanaman Kluwih Yang Semakin Langka


Kluwih - Merupakan sejenis pohon tanaman keras yang kulit buahnya keras dan berduri. Mungkin sekilas buah kluwih sangat mirip dengan sukun dan buah nangka. Kluwih dalam B. Inggris di sebut dengan " Seeded Breadfruit ". Bijinya pun sangatlah enak kalau direbus dan dagingnya yang masih muda sangat enak jika di masak.

Buah kluwih dimanfaatkan untuk bahan makan dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, Kayunya juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan, patung, perahu dan lain sebagainya. Bunga jantang yang telah kering dari pohon kluwih dapat sebagai obat anti nyamuk dengan cara dibakar. Tak hanya itu saja, bibit keluwih bisa digunakan sebagai tanaman batang bawah untuk pembibitan sukun dengan cara okulasi.

Pohon kluwih banyak ditemukan di negara-negara tropis dan pasifik. Kluwih dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 600 - 650 m diatas permukaan airlaut dengan curah hujan rata-rata 1300 - 3800 mm / tahun dan menghendaki tanah yang subur. Namun ternyata tanaman sukun ini memiliki daya adaptasi yang cukup baik terhadap berbagai kondisi lingkungan. Tinggi pohon sukun mampu mencapai 15 meter.

Memanglah keberadaan tanaman kluwih saat ini sudah mulai jarang, dan mungkin hanya dapat ditemukan di daerah-daerah tertentu saja misalnya di daerah pedesaan P. Jawa. Namun sebenarnya dari tanaman kluwih ini begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh baik untuk dijadikan obat herbal, dibuat makanan olahan maupun untuk sayuran.

Kami warung bibit, menyediakan bibit kluwih unggul dengan harga yang bersahabat.

Alamat Kami :

Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988, 085228366998 atau BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami