Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Cabai Jawa : Warung Bibit


Cabai jawa atau yang sering dikenal dengan cabai jamu ini berkerabat dengan tanaman kemukus, lada dan sirih. Sehingga jika kita cermati daunnya memang hampir mirip dengan kerabatnya tersebut. Tanaman cabai jawa bersifat merambat, buahnya ini digunakan untuk bahan rempah-rempah dan bahan obat - obatan. Sekarang ini permintaan akan cabai jawa semakin meningkat dipasaran. Tanaman ini juga sangat tahan terhadap berbagai macam hama penyakit.

Untuk perkembangbiakan tanaman cabai jawa ini bisa dilakukan dengan sistem generative / biji dan dengan vegetative / stek. Namun kebanyakan perbanyakan cabai jawa ini menggunakan stek batang karena dinilai lebih cepat dalam berbuahnya. budidaya cabai jawa dinilai sangat menguntungkan karena tidak memerlukan biaya banyak untuk membeli bibit.

Untuk memperoleh bibit cabai jawa secara vegetatif bisa dengan mengambil dua utas ruas batang produktif tanaman cabai jawa yang sudah memiliki akar setidaknya 1-2 tunas akar yang menempel pada substrat di tumbuhan inang (inang, misalnya pada: batang pohon yang hidup/tiang). Harus dipastikan pula bahwa ruas batang tidak terlalu tua dan cukup muda agar lebih baik. Kemudian setelah kita ambil, lalu batang stek cabai jawa yang diambil tadi kemudian disiram dengan air bersih hingga benar-benar terlihat nampak segar. Lalu simpan ditempat sejuk dan aman ( ditempat yang ternaungi / jangan langsung dibawah terik matahari ) selama satu malam dan keesokan harinya batang stek tersebut ditanam dalam pot polybag.

Budidaya cabai jawa ini cukuplah mudah. Cara menanamnya yaitu di 1 batang stek yang diambil dari induknya di tanam untuk 1 wadah polybag. Siapkan saja tanah liat yang dicamputkan dengna pupuk kandang yang sudah difermentasikan dengan perbandingan 1:1 kemudian masukkan ke tiap-tiap wadah polybag yang disiapkan. Setelah itu, buatlah lubang tanam pada setiap polybag dan tancapkan stek cabai jawa  ke dalam polybag tadi dan siramlah batang stek secara teratur pagi dan sore hari selama 0 - 4 minggu. Masa tanam 1 bulan biasanya sudah mulai muncul tunas-tunas daun. Setelah umur 2 bulan baru bibit tanaman cabai jawa itu bisa dipindahkan dari polybag ke lahan terbuka. Menanam cabai jawa dilahan terbuka memerlukan tiang panjat untuk merambat. Tiang rambat bisa meliputi pohon kelapa, rambutan, duku, pohon asam, albasia dan pohon lainnya yang berumur panjang.

Warung Bibit, Menyediakan bibit cabai jawa / cabai jamu unggul dengan kondisi siap tanam.
Tersedia juga aneka bibit tanaman lain dengan kualitas unggul ...

Alamat Kami :
Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988







0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

BIBIT AKAR WANGI YANG MEMILIKI BERAGAM MANFAAT

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung