Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Cara Menanam Stevia



Stevia sangat terkenal sekali, karena tanaman ini bisa digunakan sebagai pengganti gula tebu atau pemanis buatan. Bahkan stevia ini mempunyai beberapa keistimewaan diantaranya tingkat kemanisannya yang lebih tinggi yaitu mencapai 200 - 300 kali kemanisan dari tebu serta rendah kalori sehingga baik jika dikonsumsi para penderita diabetes atau obesitas.

Stevia mulai banyak dikembangkan di Indonesia, karena tanamana stevia bisa dipanen sepanjang tahun, sedangkan tanaman penghasil gula seperti tebu hanya bisa dipanen satu kali dalam setahun. Cara menanam tanaman stevia ini cukuplah mudah. Sebelum melakukan penananam sebaiknya lahana dicangkul / dibajak. Proses mencangkul / membajak dilakukan sebanyak 2 kali agar menghasilkan tanah yang gembur dan baik untuk berkebun. Langkah selanjutnya kemudian membuat bedengan-bedengan dengan ukuran panjang kira-kira 5 m ( Dapat disesuaikan dengan keadaan lahan dan lebar antara 100 - 125 cm ). Sedangkan ketinggian masing-masing bedengan yang ideal sekitar 20 cm. Namun jika penanaman stevia ini dilakukan pada lahan dengan kontur miring sebaiknya dibuat teras terlebih dahulu.

Penanaman bibit stevia yang baik menggunakan jarak tanama 25 x 25 cm atau bisa saja ukuran 30 x 30 cm sehingga setiap bedengan 4 - 5 baris tanaman. Sebaiknya pada setiap lubang tanam diberikan sekitar 250 gram pupuk organik ( pupuk kandang & pupuk kompos ). Waktu yang dianggap terbaik untuk menanam tanaman stevia yaitu pada saat musim penghujan agar ketersediaan air mencukupi dan tanaman juga cepat segar kembali serta tumbuh subur.

Bibit ditanam dengan jarak tanam 25×25 cm atau 30×30 cm, sehingga setiap bedengan berisi 4-5 baris tanaman. Sebaiknya pada setiap lubang tanam diberi sekitar 250 g pupuk organik (pupuk kandang atau kompos). Waktu yang dianggap terbaik untuk menanam stevia adalah saat musim hujan agar persediaan air mencukupi dan tanaman cepat segar kembali (biasanya 1-2 hari setelah penanaman).

Bagaimana ?? Mudah kan berkebun tanaman stevia ini ??
Anda juga bisa lho... mendapatkan bibit stevia unggul hanya di tempat kami :

WARUNG BIBIT / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA = 085729710988 / 085228366998

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

BIBIT AKAR WANGI YANG MEMILIKI BERAGAM MANFAAT

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung