Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Mari Bertanam Sirih Merah : Warung Bibit


Daun sirih tidak selamanya hijau. ada jenis sirih yang tidak berwarna hijau yaitu jenis sirih merah. Sirih merah ini kini semakin populer di kalangan para pecinta tanaman. Bentuk daun serta warnanya terlihat indah dan segar. Tanaman yang bernama latin Piper Crocatum ini kerap dijadikan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Bagi anda yang belum begitu kenal dengan tanaman ini, salah satu ciri-ciri sirih merah yaitu memiliki batang hijau keunguan, dengan daunnya berwarna merah keunguan dan tidak berbunga.Warna merah marunnya pada daun akan jelas terlihat saat daunnya di balik.












Tanaman yang berasal dari dari daerah Sulawesi ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk kesehatan yaitu bau mulut, keputihan dan ambien.
Tahukah Anda ? Sirih merah ini mengandung zat Alkoloid yang berfungsi sebagai anti mikroba yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. khasiatnya juga dapat mengobati beragam jenis penyakit seperti diabetes melitus, batu ginjal, hepatitis, stroke, asam urat, kanker, hipertensi, keputihan, maag, nyeri sendi serta perawatan kulit.

Habitat Sirih Merah

Sirih merah merupakan tanaman merambat yang sangat menyukai tempat teduh. Oleh karena itu, sebagian besar sirih merah merambat pada pohon-pohon hidup sehingga otomatis ternaungi oleh pohon tempat ia merambat. Kebutuhan sinar matahari pada tanaman sirih merah adalah 60 - 75 persen cahaya matahari. 

Bila terkena banyak sinar matahari, tanaman sirih merah ini batangnya cepat mengering. Begitupun sebaliknya bila terlalu banyak kena air akar dan batangnya akan membusuk pula. Jadi sebaiknya jangan terlalu terkena panas dan tidak terendam air lebih dari 3 jam. Untuk menghindari hal tersebut biasanya juga bisa diberikan perlindungan berupa paranet agar tanaman ini tidak terkena panas terik matahari. Selain itu juga hindarkan dari terkena banyak air hujan.

Bertanam tanaman sirih merah bisa dilakukan di lahan terbuka maupun menggunakan media pot atau polibag. Di tanam di polybag juga bisa dan menambah kesan tersendiri. Media tanam yang baik yaitu campuran pasir, tanah, pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Bagaimana ? Anda tertarik untuk menanam sirih merah ?? Silahkan bisa mendapatkan bibitnya hanya di tempat kami. Adapun alamat kami :

Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988, BBM = 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami