Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , , » Mengulas Tentang Anggur Brasil ( Jaboticaba ) Yang Unik

Mengulas Tentang Anggur Brasil ( Jaboticaba ) Yang Unik


Masih Penasaran dengan tanaman anggur batang ini sob ?? Yuuuk... Coba perhatikan buahnya !!
jika kita lihat-lihat dan amati, buah anggur batang ini hampir mirip sekali dengan buah anggur. Hanya saja jika buah anggur biasa bergelantungan buahnya pada setiap dahan serta tanamannya merambat, sedangkan anggur batang ini buahnya menempel pada batang pohon serta berbentuk semak / perdu.

Buah anggur yang sering disebut dengan Jaboticaba ini berasal dari negara Brasilia, sehingga pantaslah jika buah ini diberi nama Anggur Brasil. Cita rasa buah ini pun saat masih muda berbeda-beda ada yang seperti leci, jambu biji, manggis, markisa. Namun ketika sudah tua, buah ini akan terasa manis dan juga segar. Hanya saja rasa manisnya agak sedikit pedas karena pada bagian kulit mengandung tanin yang tinggi. Daunnya pun berukuran kecil-kecil dan rajin berbuah ( genjah ). Batangnya mempunyai banyak cabang sedangkan daging buahnya berwarna putih yang mirip dengan warna lemak. Warna kulit buah ketika matang yaitu berwarna ungu pekat mendekati hitam dengan kulit yang tipis serta kencang.

Jaboticaba merupakan pohon yang lambat pertumbuhannya. Apalagi jika anda menanamnya dari biji, pada umur satu tahun tingginya hanya sejengkal saja. Namun perbanyakan dengan cara stek terbukti mempersingkat proses produksinya dari umur delapan tahun ditanam dari biji menjadi tiga tahun saja. Sehingga jangan heran jika tanaman jaboticaba harganya pun sangat mahal.

Buat anda para hobiis tanaman, bisa memilih tanaman jaboticaba ini dijadikan tabulampot sebagai tanaman penghias. Pohon ini juga dapat hidup dan berbuah di daerah panas hingga dataran tinggi. Namun tanaman Jaboticaba ini sebenarnya dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0 - 1.000 meter diatas permukaan laut. Namun tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari langsung atau daerah yang agak ternaungi. Sedangkan tanahnya juga haruslah gembur, berdrainase baik, memiliki pH antara 5,5 hingga 6,5. Tanaman anggur batang juga sangat toleran terhadapt angin tapi tidak terhadap udara asin di laut.

Anggur Brasil ( Jaboticaba ) sangatlah mudah perawatannya dan juga sangat tahan terhadap serangan hama penyakit. Hanya saja biasanya yang sering menyerang tanaman ini yaitu kutu daun yang akan membuat daun keriting. Namun serangan kutu daun ini akan menyerang tanaman anggur pohon yang berusia muda yaitu umur 1,5 tahun.

Demikianlah sekilas tentang tanaman anggur batang ( anggur brasil ), jika anda ingin menanam sendiri pohonnya anda bisa mendapatkan bibitnya hanya ditempat kami :

Bang USMAN / Warung Bibit
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988 / 085228366998

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami