Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , , » Cherry Beach / Ceri Beach, Buah Mungil Berwarna Merah Yang Manis

Cherry Beach / Ceri Beach, Buah Mungil Berwarna Merah Yang Manis


Pernahkan anda melihat buah kecil berwarna merah dengan bentuk bulat yang sering diletakkan di atas kue tart ?? Yaps , itulah jenis buah ceri. Buah ceri ini memiliki rasa yang manis, berdaging tipis dan lezat. Terdapat berbagai macam tanaman ceri yang ada di negara kita, antara lain cherry barbados, cherry guava, cherry huawei serta cherry beach. Salah satu jenis ceri yang akan kita bahas adalah jenis ceri beach. Tanaman Cherry beach / ceri beach merupakan jenis tanaman perdu yang menghasilkan buah kecil-kecil bulat yang hampir mirip dengan tanaman kersen. Ketika buah ceri beach masih muda akan berwarna hijau, sedangkan ketika sudah masak / matang berwarna merah... warna merah tua yang mempesona, membuat orang yang memandang buah ini akan tergoda dan ingin menyantapnya. 

Menurut cerita, awalnya tanaman ini datang pertama kali di bawa ke Indonesia pada tahun 1996 oleh Dr. Muhamad reza tirtawinata dari negara Kanguru / Australia. Dan dari situlah tanaman ceri beach ini mulai dikembangkan di Indonesia. Ceri beach sangat cocok dijadikan sebagai tabulampot, karena berbentuk perdu dan juga lebih menghemat lahan. jika anda menanamnya sebagai tabulampot, bisa digunakan sebagai hiasan / tanaman hias di halaman rumah karena buahnya yang unik. Apalagi tanaman ceri beach bisa di tanam di dataran rendah maupun dataran tinggi dan bukan termasuk tanaman yang manja alias minim perawatan. Tanaman ini juga cukup bandel, karena jarang terserang hama penyakit.

Meskipun buah ceri beach ini jarang kita jumpai di jual di pasar-pasar, dan belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas namun cherry beach ini tetap memiliki nilai ekonomis sebagai tanaman hias berbuah. ukurannya yang kecil, cocok di tanaman di pot dan diletakkan di depan rumah. Beberapa tahun ini bisnis tanaman ceri beach terbukti cukup menggiurkan dan diminati oleh para hobiis tanaman.

Namun bagi anda para pemula, yang ingin menanam tanaman ceri juga perlu tahu teknik perawatan tanaman ceri yang benar. Dengan perawatan yang benar, maka tanaman akan cepat tumbuh besar dan menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas.

Berikut cara perawatan tanaman ceri beach adalah :

  1. Lakukan pemangkasan dahan secara berkala. Pemangkasan pada tanaman dilakukan agar tanaman terlihat rapi. pemangkasan juga bertujuan untuk merangsang pembungaan yang kelak akan menghasilkan buah ceri beach yang berkualitas.
  2. Penyiraman hendaknya dilakukan secara rutin setiap hari. Namun jika media tanam terlalu kering, bisa di kondisikan.
  3. Berilah pupuk organik cair sebulan secara berkala, 1 bulan sekali.
  4. Jika terdapat serangga pengganggu, tangkaplah / matikan secara manual. Hindari menyemprot dengan pestisida kimiawi, agar tanaman ceri beach tetap tumbuh alami dan menghasilkan buah yang tidak tercemar oleh racun pestisida.
Jika anda ingin menanam ceri beach / cherry beach dan masih bingung dimana untuk mendapatkannya....
Datang saja di tempat kami. Warung bibit menyediakan berbagai macam bibit cherry diantaranya adalah ceri beach, ceri guava, ceri barbados dan ceri huawei / vietnam dengan kualitas unggul dan bibit siap tanam.

Alamat Kami :

WARUNG BIBIT / BANG USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988
BBM : 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami