Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , » Atasi Bahaya Hama Penggerek Batang Pada Tanaman Buah Mangga

Atasi Bahaya Hama Penggerek Batang Pada Tanaman Buah Mangga

Pohon Mangga Yang Sehat

Pohon buah mangga yang tumbuh dengan sehat, menjadi impian semua orang yang gemar berkebun tanaman mangga. Perawatan dan pemeliharaan harus diperhatikan, memanglah perlu ketelatenan dalam membudidayakan tanaman. Tapi semua akan terbayarkan ketika tanaman buah mangga nantinya telah berbuah sesuai apa yang kita harapkan.

Hama Ulat Penggerek Batang

Salah satu hama tanaman buah yang sangat berbahaya adalah ulat penggerek batang. Jenis hama ini telah mengakibatkan banyak tanaman mangga mengalami kematian, terutama pada daerah yang basah. Awalnya hama ini menyerang pada bagian pucuk yang telah berlubang yang diakibatkan oleh tusukan hama lain ( seperti penggerek pucuk ) yang memasukkan telurnya kedalam jaringan yang luka. Yang kemudian larvanya makan dan merusak jaringan pucuk dan menjalar sampai batang utama. Jika berlanjut terus menerus akan menyebabkan kematian pada pohon mangga.

Tanda awal dari serangan hama ini yaitu terlihat adanya lubang yang mengeluarkan kotoran berupa gerekan seperti serbuk serbuk gergaji pada batang atau cabang pohon mangga. Bagian cabang yang terserang akan mati dan menjalar ke batang utamanya.


Cara Penanggulangan Hama Penggerek Batang Tanaman Mangga

Pengendalian hama sangat penting dilakukan. Jika belum terserang, pencegahan dini juga harus dilakukan. Penanggulangan hama penggerek batang secara dini, untuk menghindarkan kebun mangga dari kehancuran sehingga kerugian dapat dihindari. Langkah-langkah untuk penanggulangan hama ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lakukan pengamatan secara cermat, untuk pencegahan jika terserang hama. terutama pada saat tanaman sedang flush. 
  • Hindarkan juga dari serangan penggerek pucuk karena serangan hama ini membantu penggerek batang meletakkan telur-telurnya.
  • Apabila menemukan gejala-gejala terserang hama, segeralah pangkas tanaman agar tidak menyebar kemana-mana dan tidak memperparah tanaman.
  • Matikanlah larva penggerek yang ada diranting / cabang yang telah dipotong dengan cara membelah bagian tanaman lalu membakarnya.
  • Memberikan furadan pada akar tanaman agar terhindar dari ulat daun atau gambar.

Atau cara lainnya adalah  menggunakan aplikasi infus insektisida. Dengan cara mengambil insektisida dan encerkan 1 : 20. (50 ml insektisida dicampur dengan 1 liter air). Lalu ambil akar dengan diameter 1 cm lalu potong. Kemudian masukkanlah insektisida tadi dalam botol aqua dan masukkan potongan akar tadi dalam botol aqua sehingga ujung potongan akar bisa terendam insektisida.

Batang tanaman juga dapat di bor dengan bor 10 mm, lalu masukkan larutan insektisida tadi kedalam lobang tersebut. Jangan lupa kemiringan posisi pengeboran adalah 45 derajat sehingga larutan insektisia tidak tumpah keluar. Setelah selesai tutup kembalikan lubang tersebut dengan parafin atau lilin. Tehnik pengeboran hanya efektif untuk tanaman yang sudah besar. Tapi jikalau tanaman masih kecil lebih baik jangan dibor, takut mengganggu pertumbuhan. Sebaiknya pemberian insektisida menunggu hingga tanaman selesai berbuah. Hal ini untuk mengantisipasi agar racun dari insektisida tidak masuk dalam buah yang akan kita makan.

Dengan perawatan yang bagus nanti akan memberikan panen yang melimpah. Jadi ketelatenan memang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kita harapkan.

Buat para hobiis tanaman, sangat cocok dan bagus untuk dijadikan tabulampot buah. Tabulampot mangga ini bisa dijadikan sebagai hiasan rumah lho. Apalagi ketika masuk masa berbuah, bergelantungan di setiap ranting-ranting buah. Wooww ... begitu indah dan mempesona,

Tabulampot Tanaman Buah Yang Sedang Berbuah
Demikianlah cara penanggulangan hama penggerek tanaman buanh mangga. Mudahkan ??
Yuuk, jangan takut untuk budidaya tanaman mangga ...
Lets goo .. !! Berkebun Hijaukan Bumi Kita ...  !!

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami