Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Pupuk Organik VS Pupuk Non Organik ? Mau Pilih Yang Mana ?



Dalam dunia pertanian, pasti tidak akan pernah lepas dengan yang namanya pupuk baik itu organik maupun non organik. Pupuk ini sangat berperan penting untuk menyuburkan tanah. Karena pupuk ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat hara yang dibutuhkan tanaman untuk berkembang dengan baik. Karena tanaman yang dipupuk secara teratur, tanaman akan bisa berproduksi dengan baik dan menghasilkan panen / buah yang berkualitas. Namun pemberian pupuk ini harus sesuai takarannya, sehingga sesuai dengan kebutuhan tanamannya.

Pupuk ini juga terdiri dari 2 jenis, ada pupuk organik dan anorganik. Pupuk organik terdiri dari pupuk kandang, pupuk hijau dan pupuk kompos. Dari kedua jenis pupuk ini juga mempunyai keunggulan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya :

PUPUK ORGANIK



Kelebihan dari pupuk organik yaitu :

  • Harga Lebih Murah
Memanglah jika dibandingkan dengan pupuk lainnya, pupuk organik terbilang lebih murah. Karena pupuk organik ini dalam proses pembuatannya berasal dari sampah-sampah daun tumbuhan, sampah-sampah sayuran, sisa organisme, kotoran-kotoran hewan yang sudah difermentasikan dan lain sebagainya.
  • Bahan Pembuatan Pupuk Mudah Untuk Di Dapat
Bahan dari pembuatan pupuk organik ini sangat mudah sekali ditemukan di lingkungan sekitar kita. Tentu hal itu membuat kita bisa dengan sendiri pupuk organik secara mandiri. Dengan membuat sendiri tentu akan membuat kita lebih hemat dan tak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membeli pupuk.
  • Kandungan unsur mikroorganisme lebih banyak
Keberadaan mikroorganisme memanglah sangat diperlukan untuk tanaman agar pertumbuhannya sehat dan baik. Terbukti dengan pupuk organik ini kandungan mikroorganisme nya cukup banyak jika dibandingkan dengan pupuk kimia.
  •  Aman dan Lebih Sehat
Karena pupuk organik ini lebih ramah lingkungan, maka penggunaan pupuk ini sangatlah alami dan tidak menimbulkan efek samping atau bisa dikatakan lebih sehat dan aman. Baik sehat untuk tanaman maupun sehat dan aman untuk orang yang mengkonsumsinya. Berbeda dengan pupuk kimia yang lebih banyak mengandung unsur kimia buatan yang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh.
  •  Dapat Meningkatkan Kesuburan Tanah
Pupuk organik ini sangatlah berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan lapisan tanah yang mengandung banyak unsur hara. Selain itu pupuk organik ini dapat berfungsi untuk meningkatkan struktur tanah. Dan juga kelembaban tanah pun akan tetap terjaga jika memilih untuk menggunakan pupuk alami / organik.
  • Meningkatkan Keanekaragaman Hayati
Dengan menggunakan pupuk organik, maka produktivitas tanah akan lebih baik dan juga akan berumur panjang. Nutrisi organik dari pupuk alami ini meningkatkan keanekaragaman hayati tanah dengan menyediakan bahan organik serta nutrisi seperti mikrozoa.

Kekurangan / Kerugian Pupuk Organik yaitu :

  • Walaupun memang manfaatnya besar, pemberian pupuk organik bisa saja merugikan jika pupuk organik (kompos) yang diberikan pada tanaman masih mentah maka bahan organik akan diserang oleh mikroba sehingga unsur hara tanaman menjadi berkurang karena dimakan oleh mikroba-mikroba dari kompos mentah.
  • Bahan organik yang berasal dari limbah industri / sampah kota seringkali mengandung mikroba patogen dan logam berat yang tidak hanya berdampak negatife bagi tanaman, tetapi juga manusia dan hewan pun akan kena imbasnya. 

PUPUK  NON ORGANIK / PUPUK BUATAN / PUPUK KIMIA



Kelebihan dari Pupuk Non Organik / Pupuk Kimia yaitu :
  • Pupuk Kimia / Non organik lebih cepat terserap oleh tumbuhan
  • Unsur kimia yang terkandung dalam pupuk non organik akan cepat terurai
  • Lebih simpel / pemupukan lebih mudah di lakukan
  • Pemupukan intensif untuk tumbuhan lebih mudah, karena pupuk kimia telah dikonsentrasikan pada jenis unsur tertentu.

Kekurangan Pupuk Non Organik / Pupuk Kimia yaitu
  • Harga pupuk yang relatif lebih tinggi
  • Pemakaian dalam jangka yang lama dan panjang dapat menurunkan PH tanah
  • Ketersediaan pupuk tergantung pihak lain, misalnya pihak pabrik dan distributor
  • Dikarenakan cepat terurai di alam, sehingga untuk mendapatkan efisiensi pemupukan yang optimal harus menggunakan dosis yang tepat. Penggunakan pupuk kimia secara berlebihan akan merusak tanaman atau membuat tanaman menjadi mati.
  • Dapat menyebabkan ketidak seimbangan unsur hara dalam tanah karena pemupukan yang tidak ber-imbang
  • Waktu pemupukan harus sering/ secara berkala karena pupuk tidak tersimpan lama dalam media tanam
 
Demikianlah pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan antara pupuk buatan / Non organik dan pupuk Organik. Tentu saja anda dengan mudah bisa memilih antara kedua jenis pupuk tersebut dan.... sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Supported By :

Warung Bibit/ Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
 

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami