Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Resep Herbal / Pengobatan Tradisional Dengan Bunga Cempaka


Bunga Cempaka tidak selamanya hanya bisa dijadikan sebagai hiasan lho. Ternyata bisa juga untuk dijadikan sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh / mengobati berbagai penyakit. Tanaman hias khas provinsi Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak julukan, diantaranya bunga kantil di Jawa, Cempaka bobudo di Ternate, Campaka di Madura, Cempaka gadeng / Bunga gading di Aceh.

Berikut diantaranya manfaat bunga cempaka untuk kesehatan, sekaligus cara meramunya adalah


  Mengatasi Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo adalah keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan disekitarnya seolah berputar. Perasaan ini disebabkan oleh virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasus epilepsi. Nah penyakit vertigo dapat diatasi dengan pengobatan herbal bunga cempaka. Caranya adalah dengan merebus 6-7 bunga cempaka putih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dengan 500 cc air sampai mendidih dan tersisa 200 cc saja. Saring dan minum dalam keadaan masih hangat.

 Mengatasi Penyakit Keputihan

Penyakit keputihan ini sering di derita oleh kaum hawa. Keputihan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit di sekitar alat kelamin. Oleh virus atau bakteri tersebut dapat mengakibatkan peradangan di daerah saluran ekskresi dan rasa perih saat buang air kecil. Cara mengobatinya adalah menggunakan bunga cempaka. Caranya adalah dengan merebus bunga kantil / Cempaka sebanyak 30 gram ditambah jali sebanyak 60 gram yang direndam sampai lembut terlebih dahulu serta kulit delima 15 gram sampai mendidih. Saring dan minum dalam keadaan hangat.

Mengobati Sinusitis

Penyakit sinusitis merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya jaringan sinus di bagian hidung oleh virus, bakteri dan jamur dalam bentuk cairan sehingga akan menimbulkan peradangan dan mengakibatkan infeksi. Cara mengatasinya yaitu dengan bunga cempaka yang direbus sebanyak 30 gram dan dicampur dengan bahan lainnya seperti 15 gram jahe, 30 gram daun menthol serta 2 batang daun bawang putih. Semua bahan tadi direbus dengan 800 cc air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Kemudian saringlah dan minum dua kali sehari. Lakukan secara rutin


    Mengatasi Bau Badan / Aroma Badan tak Sedap

Mungkin setiap orang pernah mengalami bau badan yang tidak sedap. Hal tersebut dikarenakan oleh bakteri serta kuman yang menyebabkan bau tak sedap pada tubuh kita yang bercampur keringat atau bisa juga dikarenakan pakaian yang kita kenakan. Biasanya bau badan lebih membuat seseorang akan merasa kurang percaya diri. Hal tersebut dapat diatasi dengan mandi menggunakan air rebusan bunga cempaka saat airnya hangat. Hal ini dikarenakan bunga cempaka memiliki aroma yang sangat tajam yang dapat mengatasi masalah bau badan Anda.


Supported By :

Bang USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Kec. Kemiri,  Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988 / 0852 2836 6698

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami