Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Cara Tepat Penanganan Bibit Tanaman, Setelah Pengiriman : Warung Bibit


Pernahkan anda membeli bibit secara online? dan bibit yang anda pesan setelah diterima dan dibuka dalam kondisi yang agak layu dan kurang sehat?? Memanglah kondisi seperti ini sangat berbeda ketika tampak di gambar-gampar pada pelapak bibit online. Yaps, kejadian seperti ini tentu tak hanya terjadi pada anda sendiri. Hampir semua pembeli online merasakan hal yang demikian. Namun bagi pembeli yang sudah terbiasa membeli bibit tanaman secara online, pasti hal ini tidak akan jadi masalah dan mereka akan tampak tenang untuk menghadapi hal semacam ini.

Bagi anda yang belum begitu faham dan masih pemula, kami berikan tips cara penanganan bibit tanaman setelah pengiriman. Sebetulnya, Kondisi bibit setelah pengiriman / pasca pengiriman mengalami kondisi layu adalah hal yang wajar dan bibit tanaman masih tetap hidup. Karena pada saat pengiriman ( dalam perjalanan ke alamat tujuan ), tanaman pasti mengalami stress. Oleh karena itu, Untuk mengurangi stress pada tanaman biasanya pengirim bibit akan memangkas sebagian daun / membuang sebagian daunnya dari tanaman untuk mengurangi penguapan. Kejadian lain yang sering dialami pada saat anda memesan bibit tanaman setelah pengiriman yaitu rontok daun dan tanaman mungkin hanya tinggal batangnya saja. Satu hal yang menjadi pedoman pada saat melihat tanaman yang kita pesan dalam keadaan seperti ini adalah cermati dan amatilah apakah batang tanaman masih berwarna hijau atau kondisi batang kering. Jika batangnya masih berwarna hijau, maka peluang untuk hidup masih besar. Biasanya setelah ditanam dan diberikan perawatan yang baik dan benar, maka dalam waktu beberapa minggu ke depan, akan mulai tumbuh tunas-tunas baru dari tanaman tersebut. 

Jangan lupa ya ... Setelah anda memesan tanaman via online, sebelum tanaman datang siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam yang baik terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang serta sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Jika tidak ada sekam, yang terpenting adalah media tanam harus gembur agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Contoh berikut salah satu gambar kondisi bibit tanaman setelah pengiriman :


Kondisi Bibit Tin Asal Cangkok Setelah Pengiriman
Mulai Muncul Tunas Baru, Setelah di Tanam

Bibit Tin Tumbuh Sehat setelah 1 bulan lebih, pasca Tanam


Langkah penting yang harus anda lakukan terhadap tanaman setelah pengiriman adalah sebagai berikut :
  • Bukalah plastik pembungkus dengan perlahan agar tidak terjadi patah pada akar dan juga batang tanaman.
  • Segera tanam bibit yang anda terima dalam polybag yang kami sertakan atau dalam pot dengan media yang telah dipersiapkan. Ukuran pot disesuaikan dengan ukuran tanaman. Dasar pot harus diberi lubang yang cukup agar tidak terjadi genangan air di dasar pot yang dapat menyebabkan busuk akar.
  • Siramlah dengan air sampai media tanam benar-benar basah.
  • Untuk sementara waktu, letakkan tanaman ditempat yang teduh atau ternaungi (misal dibawah paranet atau dibawah pohon besar) sampai tanaman terlihat benar-benar segar (mungkin butuh waktu beberapa hari atau beberapa minggu). Setelah tanaman benar-benar segar dan sehat, pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari cukup. Umumnya tanaman membutuhkan sinar matahari minimal 6 – 8 jam per hari.
  • Langkah selanjutnya, tinggal anda memberikan perawatan yang baik dan benar seperti tanaman pada umumnya.
Jadi tak perlu bersedih, cemas dan bingung lagi ya ?? Dengan penanganan yang tepat setelah pengiriman, maka bibit yang anda pesan secara online akan segera sehat dan segar kembali.☺☺☺

Berkebun itu sangat mengasyikkan lho ... ??!!😁😀😀

Supported By :
USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo
Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami