Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Pandan Wangi, Pewarna dan Penambah Aroma Alami : Warung Bibit



Tanaman ini sering kali kita jumpai di sekitar kita, tumbuh dengan subur di tempat-tempat yang basah dan lembab. Yuups, Pandan Wangi ... itu lah sebutannya. Sebagian orang terutama ibu rumah tangga menggunakannya sebagai penambah aroma pada makanan misalnya kolak dan kue atau pewarna alami untuk makanan. Budidaya tanaman pandan wangi sudah mulai banyak di lakukan, hampir sudah banyak di tanam di pekarangan-pekarangan rumah. Untuk budidaya tanaman pandanwangi cukuplah mudah, karena hanya memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang telah tumbuh diantara akar-akar.

Seperti yang telah terlihat di gambar diatas, pandan wangi mempunyai ciri batang yang bulat dengan bekas duduk daun serta bercabang, memiliki daun yang berwarna hijau dengan panjang 55 - 75 cm dan lebarnya yang mencapai 4-5 cm. Memiliki bunga majemuk dan berbentuk bonggol dengan warna putih. Tinggi Tanaman pandan wangi bisa mencapai 3,7 - 4,3 m dan lebarnya mencapai kurang lebih 2,3 m - 9,0 m. 

Tak hanya bisa di gunakan untuk urusan masak-memasak lho, ternyata daun pandan wangi juga dapat menyembuhkan lemah saraf. Caranya yaitu dengan mengiris kecil-kecil daun pandan wangi kemudian rebus dengan air, tunggulah sampai air tersisa dua gelas, kemudian angkatlah dan tunggu air hingga dingin. Saring dan kemudian minumlah. Lakukan cara ini secara teratur pada pagi dan sore hari.

Pandan wangi ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal lain seperti mengobati pegal linu, mengatasi gelisah dan menambah nafsu makan, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi lemah syahwat serta dapat menghilangkan penyakit panu.

Selain itu, bisa juga digunakan sebagai obat kecantikan lho, seperti mengatasi rambut rontok, menghitamkan rambut serta menghilangkan ketombe. Untuk menghilangkan ketombe caranya adalah :
Ambillah 7 lembar daun pandan wangi yang masih segar, sediakan air 100 ml. Cuci daun pandan wangi hingga bersih dan tumbuk lah hingga menjadi halus. Tambahkan dengan air pada tumpukkan daun pandan kemudian aduk hingga rata dan saringkan. Oles air daun pandan pada kulit kepala secara merata setelah itu diamkan kurang lebih 30 menit. Keramaskan dengan air biasa. Lakukan secara rutin agar ketombe di kepala cepat hilang.

Dan ... Masih banyak juga lho manfaat lainnya yang di miliki oleh tanaman pandan wangi ini. 
Yuuuk, berkebun pandan wangi .. dan dapatkan bibit unggulnya hanya di tempat kami .

Alamat Kami :
Bang USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA = 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami