Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Serunya Perbanyak Sendiri Tanaman Pucuk Merah, Berkebun Yuk ... !!



Karena penampilannya yang menarik, tanaman ini sukses membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya. Tampilan warna daun muda yang berwarna merah, menjadi ciri khas si Bunga Pucuk Merah ini. Tak heran, jika semakin banyak orang yang penasaran bagaimana cara untuk memperbanyak tanaman ini ?? 

Sobat, jika kamu termasuk salah satu orang yang sudah menanam bunga yang cantik ini di pekarangan rumah sendiri atau menanamnya dalam pot.. trik yang paling jitu untuk menjaga penampilan si Pucuk Merah agak terlihat selalu mempesona adalah dengan cara memangkas dahannya secara rutin, paling tidak 3 bulan sekali. Dan jangan lupa, paparan sinar matahari yang diterima tanaman ini pun harus cukup dan merata.

Tanaman yang termasuk dalam keluarga Myrtaceae ini. Perbanyakan tanaman pucuk merah ini bisa dengan biji maupun stek batang. Berikut sedikit penjelasannya :

  • Perbanyakan Dengan Biji
Pohon pucuk merah yang sudah besar, akan mengeluarkan biji yang berukuran seperti lada. Pilihlah biji yang sudah tua atau berwarna kehitaman. Terkadang biji-biji yang sudah tua ini, berjatuhan ditanah dekat dengan pohonnya. Setelah anda mendapatkan bijinya, semailah biji yang sudah tua tersebut ditanam yang subur dan gembur. Setelah menunggu beberapa minggu, benih akan segera tumbuh. Benih yang sudah besar, bisa anda pindahkan ke polybag. Jangan lupa untuk menyirami secara rutin dan berikan pupuk sesuai dengan umur tanaman. Usahakan jangan memberikan pupuk secara berlebihan, karena akan membuat tanaman panas dan menyebabkan kematian.





  • Perbanyakan Dengan Stek Batang
Cara ini terbilang cukup mudah, karena anda tinggal memotong cabang dari pohon pucuk merah dan kemudian menanamnya. Namun juga perlu memilih batang yang sehat dan berkualitas baik. Anda bisa memilih cabang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Kemudian potonglah cabang dengan ukuran 20-30 cm yang diukur dari ujung daun. Tanamlah cabang tadi pada polybag yang sudah berisi campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi.

Lakukan Perawatan Tanaman

Setelah proses perbanyakan tanaman pucuk merah selesai, dan sudah di tanam di polybag atau lahan terbuka, tempatkan tanaman ditempat yang teduh dahulu atau diberikan peneduh seperti paranet / anyaman sampai tanaman benar-benar sehat. Jika kondisi tanaman pucuk merah sudah sehat, bisa ditempatkan di tempat yang banyak terkena sinar matahari agar tanaman tetap sehat. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari, dan usahakan agar media tanam jangan sampai kering. Selanjutnya pemangkasan dilakukan minimal 3 bulan sekali, dan berikan pupuk khusus untuk daun agar tanaman Si Pucuk Merah ini tetap sehat dengan tampilan warna yang mempesona.

Silahkan... Anda bisa mencobanya sendiri ya ... ?? ☺☺. Mudah Bukan ??

Supported By :
Bang USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

PISANG AMBON DAN BEBERAPA MANFAATNYA YANG JARANG DIKETAHUI

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung