Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , , » Woow ... ! Varian Jambu Air Terbaru, Si Merah " Black Diamond "

Woow ... ! Varian Jambu Air Terbaru, Si Merah " Black Diamond "


Bentuknya sangat unik, dengan warna merah mentereng ... Sekilas memanglah mirip buah apel, tak heran jika buah jambu ini sering juga dijuluki dengan water apple ( karena bentuknya yang mirip buah apel, namun banyak kandungan airnya ) atau sering juga disebut dengan java aple ( Karena buah ini memang berasal dari pulau jawa). Ukuran buahnya pun, tak perlu diragukan lagi. Bobotnya dapat mencapai 0,25 kg ... Mantap kali kan ?. Walaupun warnanya merah kehitaman, namun rasanya tetaplah manis menyegarkan. Apalagi ukuran yang jumbo, sehingga membuat banyak orang yang menyukainya.

Lalu bagaimana bisa jambu air jawa ( Java Apple ) yang asalnya dari jawa masuk ke Taiwan ??
Menurut sejarah, jambu air Black Diamond masuk ke Taiwan dimulai sekitar tahun 1941 pada waktu Jepang sudah menginvasi Taiwan. Saat itu di Ciamis Jawa Barat ada seorang keturunan Tionghoa yang punya sahabat tinggal di Taiwan. Kemudian orang Ciamis itu hijrah ke Taiwan dan membawa serta bibit pohon jambu airnya, beberapa saat sebelum Jepang menyeberang ke Indonesia. Jenis Black Diamond adalah salah satu pengembangan dari jambu air jawa yang sampai saat ini menjadi produk unggulan negara Taiwan yang diekspor ke beberapa negara.

Jambu black diamond bisa berkualitas baik karena di negara Taiwan dikembangkan dengan cara yang baik dan benar, diantaranya adalah memperhatikan habitat tumbuh yang sesuai yaitu didaerah dengan kelembaban yang tidak terlalu tinggi. Jambu black diamond akan tumbuh dengan baik pada daerah yang bercurah hujan rendah atau kering yaitu pada skala 500 - 3.000 mm/ tahun. dan musim kemarau yang lebih dari 4 bulan. Habitat tumbuh yang sesuai akan menghasilkan buah yang berukuran besar dan daging buah manis serta terasa renyah.

Untuk perbanyakan jambu black diamond ini bisa dengan cara okulasi maupun cangkok. Dari perbanyakan vegetative ini mampu belajar berbuah pada usia 2-3 tahun. Bisa di tanam di lahan terbuka maupun tabulampot. Untuk masalah perawatan tanaman jambu black diamond ini, sama dengan tanaman lainnya yaitu meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan pemberantasan hama.
Tanaman jambu yang buahnya masih muda hendaknya dibungkus dengan plastik agar tidak diserang lalat perusak buah sehingga tetap menghasilkan buah yang berkualitas bagus.

Kemungkinan disekitar kita masih jarang orang yang membudidayakan / mengebunkan jambu black diamond ini dalam partai besar. Inilah saatnya peluang bisnis yang menggiurkan bagi anda ... mengingat harga jambu air black diamond ini cukuplah stabil di pasaran.
Jangan lupa, jika ingin berkebun jambu black diamond... dapatkan bibit unggulnya hanya di tempat kami.
Fresh dan Unggul !!

Alamat Kami :
Bang USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02 Kec. Kemiri
Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami