Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Budidaya Tanaman Serai / Sereh : Warung Bibit


Banyak orang yang sudah mengetahu tentang tanaman ini. Serai atau biasaa kita sebut dengan sereh banyak di gunakan sebagai bumbu dapur. Namun ternyata sereh ada 2 jenis lho, walaupun memang kalau kita lihat secara sekilas hampir mirip. Serai/ sereh yang digunakan sebagai bumbu dapur mempunyai bentuk pangkal batang yang lebih besar dan berisi, dengan aroma yang tidak terlalu tajam, dan rasa sedikit pahit. Kemudian bagian dalamnya yang masih terlihat muda digunakan sebagai bumbu untuk masakan atau sambal. Sedangkan batang serai wangi lebih ramping, aroma lebih kuat sehingga banyak digunakan sebagai pembuatan minyak atau sabun serai.
Nah... Sudah tahu kan perbedaannya ?? jadi jangan sampai ketuker ya sob ... ??

Awalnya tanaman sereh / serai ini merupakan tanaman yang tumbuh liar atau tumbuh dimana saja seperti rumput-rumput lain atau ilalang. Karena masih berkerabat dengan rumput, maka sereh tidak mudah mati dan mudah dibudidayakan. Sereh masih dapat hidup di daerah pegunungan dengan ketinggian hingga 1.800 m dpl. Akan tetapi tanaman sereh/ serai dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian tanah sekitar 250 m dpl. Bahkan di daerah yang miskin unsur hara pun, tanaman sereh masih bisa hidup dengan baik lho ...

Namun seiring perkembangan teknologi, dan juga telah diketahui memiliki manfaat sebagai obat akhirnya tanaman sereh / serai dikategorikan sebagai tanaman herbal dan mulai banyak di budidayakan. Sereh sayur bisa diolah sebagai masakan dan minuman sementara sereh wangi bisa dimanfaatkan minyak karena mengandung minyak atsiri. Minyak sereh dikenal dengan sebutan minyak citronella, yang bisa juga disebut dengan fungsi uniknya yaitu mengusir nyamuk.


Memang ciri-ciri dari daun sereh ini sangatlah mirip dengan bentuk ilalang atau rerumputan liar, yang banyak tumbuh di pinggiran sungai atau sawah. Jika kita lihat sekilas, daunnya bahkan hampir mirip dengan daun rumput gajah yang masih muda. Dalam budidaya dan pertanian sereh, kelak yang sering di panen adalah daunnya, walaupun nantinya batang sereh juga akan dipanen dan dijual dipasar untuk bumbu dapur ataupun bahan baku....

Budidaya tanaman sereh/ serai dapat dilakukan di lahan terbuka seperti sawah, perkebunan, ladang ataupun bisa ditanam di polybag / karung. Tanaman sereh tidak memiliki buah ataupun bunga, sehingga hanya dapat dikembangkan secara vegetative dengan menggunakan tunas adventive pada akar tanaman.

Begitu mudahnya budidaya tanaman sereh ini sob. Peluang budidaya tanaman sereh cukup menjanjikan, karena permintaan pasar juga semakin meningkat. Jadi, bagi anda yang berminat ... ini kesempatan anda untuk berbisnis sereh /serai. Kalaupun tidak, anda bisa menanam sendiri di pekarangan rumah sehingga tidak perlu repot membeli sereh tinggal petik aja sendiri di pekarangan rumah.

Yuups, mari berkebun yukkk...
Karena berkebun itu mengasyikkan lho ... !!

Supported By :
WARUNG BIBIT/ Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami