Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Jurus Tepat Membuahkan Tanaman Srikaya Jumbo : Warung Bibit


Begitu banyak jenis buah-buah yang tumbuh di negeri tercinta ini, mulai dari yang rasanya manis, pahit sampai asam. Yang kesemuanya tumbuh subur di Indonesia, dengan berbagai manfaat yang di milikinya. Budidaya tanaman seperti tanaman buah merupakan langkah yang tepat untuk menghijaukan bumi kita maupun melestarikan aneka jenis flora Indonesia. Selain itu budidaya tanaman buah juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat ( menambah penghasilan ).

Salah satu jenis buah yang cukup di gemari adalah jenis srikaya. Mungkin ada sebagian orang yang tidak menyukai buah ini dikarenakan dengan bijinya yang banyak di dalamnya. Tapi bagi anda yang tidak menyukai kehadiran biji-biji srikaya yang menganggu saat menyantapnya, anda bisa memilih jenis srikaya jumbo, karena tidak memiliki banyak biji seperti buah srikaya biasanya. 

Budidaya srikaya jumbo cukuplah mudah, hampir sama dengan tanaman lainnya. Bagi anda yang ingin mencoba berkebun / menanam srikaya jumbo, selain bisa di tanam di lahan terbuka juga bisa di tanam di dalam pot ( Tabulampot ). Hal yang harus di perhatikan dalam menanam tanaman srikaya ini, yaitu harus rajin di pangkas. Jika tidak rajin di pangkas, tanaman srikaya ini akan tumbuh meninggi keatas tanpa percabangan. Sehingga berakibat bunga yang harusnya tumbuh di ujung batang sangatlah minim. Jika dipangkas, maka cabang-cabang akan terbentuk dan tunas bunga akan mulai muncul.

Waktu pemangkasan tanaman srikaya yang paling baik adalah saat awal musim penghujan. Peluang untuk berbunga lebat pun lebih besar jika dibandingkan saat musim kemarau. Karena pada saat kemarau hasil fotosintesis pada tanaman ini di simpan sehingga tanaman tidak mengalami pertumbuhan, cadangan makanan semakin banyak dan digunakan untuk pertumbuhan pada saat musim penghujan. Nah, waktu awal musim penghujan lah yang paling tepat untuk pemangkasan. Sehingga tanaman mempunyai cukup energi untuk memproduksi bunga srikaya jumbo.

Selain memperhatikan waktu pemangkasan, harus juga memperhatikan umur tanaman srikaya. Apakah tanaman sudah siap di buahkan atau tidak. Pemangkasan yang baik saat tanaman berumur minimal 1,5 tahun dari bibit asal susuan. Batang tanaman sudah terlihat coklat / sudah agak besar sehingga batang sudah mampu dan kuat menopang buahnya. Jika batangnya masih muda maka kebanyakan bunga atau buahnya akan rontok karena batang belum mampu untuk menopang buahnya. selain itu pasokan makanan pada tanaman yang masih terlalu muda juga belum mencukupi untuk membesarkan buah.

Berikut trik pemangkasan tanaman srikaya jumbo yang benar adalah sebagai berikut :
  • Tanaman srikaya jumbo yang berasal dari susuan / okulasi yang telah berusia minimal 1,5 tahun di pangkas 2 - 3 daun yang ada di ujun cabang dan sisakan tangkai daun nya sepanjang 2-4 mm.
  • Setelah 6 - 10 hari maka akan tumbuh tunas baru dari bekas pangkasan yang di susul bakal bunga.
  • Biarkan bunga membesar, kemudian potong setengahnya ketika masih kuncup.
  • Satu bulan kemudian muncul bakal buah, buah di pelihara dan di seleksi ketika sudah sebesar buah kelengkeng. Lakukan seleksi buah dengan cara membuang bakal buah yang berkualitas kurang baik.
  • Saat ukuran panjang buah srikaya jumbo sekitar 6 cm, bisa di bungkus dengan plastik khusus agar terhindar dari hama buah sehingga kualitas buah tetap bagus.

Demikianlah, cara membuahkan tanaman srikaya jumbo. Uups, jangan lupa juga perawatan yang lainnya juga penting di lakukan seperti penyiraman dan pemupukan. Pemeliharaan yang tepat akan sangat berpengaruh untuk menunjang produktivitas tanaman agar semakin meningkat.
Silahkan bisa di coba kawan ...

Supported by :
WARUNG BIBIT/ Bang USMAN
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 29761 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami