Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Kunyit, Rempah - Rempah Yang Begitu Populer Di Tanah Air


Kunyit sangat familiar sekali di telinga kita, karena masakan Indonesia bumbu pelengkap tak pernah lepas dari kunyit. Biasanya kunyit digunakan sebagai pewarna alami, bahan utama pembuatan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak maupun obat-obat herbal.

Perlu kita ketahui bahwa tanaman kunyit dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi ataupun sedang. Oleh karena itu, tak heran jika tanaman kunyit sangat banyak di jumpai pada tempat yang terbuka atau tempat dengan adanya sedikit naungan. Tanaman ini dapat dibudidayakan sepanjang tahun.

Jika anda ingin mulai bertanam, waktu yang terbaik memang pada awal musim penghujan. Lahan yang digunakan untuk menanam kunyit hendaknya pada tempat yang subur, agar panen yang dihasilkan semakin melimpah. Sedangkan jenis tanah yang baik untuk budidaya kunyit adalah tanah yang ringan dengan bahan organik tinggi, tanah lempung berpasir yang bebas dari genangan air / sedikit basa. Kunyit tumbuh baik pada dataran rendah dan tinggi.



Perbanyakan Rimpang Kunyit
     Cara perbanyakan rimpang kunyit pun tidaklah sulit. Dan juga kunyit tidak memerlukan perawatan yang intensif, jadi mudah perawatannya. Dan juga tidak memerlukan lahan yang luas dan budidayanya, bisa juga di tanam di lahan terbuka atau dalam polybag.
Untuk pembibitan dapat dilakukan dengan mengambil rimpang kunyit yang berumur tua. Usia yang baik adalah berumur sekita 8 bulan. Konon, semakin tua si kunyit maka semakin bagus pula bibit dan tunas yang akan dihasilkan. Proses penyemaian bibit kunyit adalah :
  • Letakkan lah rimpang kunyit yang telah disiapkan diatas tanah yang lembab.
  • Pastikan rimpang tidak terkena sinar matahari langsung, karena akan membuat sulit untuk tumbuh.
  • Taburkan rimpang kunyit tersebut dengan tanah secukupnya, dan siramlah setiap sore untuk menghasilkan tunas atau bibit kunyit yang bagus.
  • Jika rimpang kunyit telah tumbuh setinggi 10 cm, ambillah tunas tersebut dan potonglah
  • Selanjutnya bisa di tanam pada polybag langsung ataupun lahan terbuka

Pemeliharaan
    Pemeliharaan saat bertanam kunyit meliputi :
  • Penyulaman : Jika ditemukan rimpang kunyit yang tidak tumbuh atau pertumbuhannya tidak baik, sebaiknya dilakukan penanaman sulam ( penyulaman ) rimpang lainnya yang masih segar dan sehat.
  • Penyiangan : Penyiangan dan pembubunan perlu dilakukan untuk menghilangkan rumput liar ( gulma ) yang mengganggu penyerapan air, unsur hara dan mengganggu perkembangan tanaman. Kegiatan ini dilakukan 3-5 kali bersamaan dengan pemupukan dan penggemburan tanah. Penyiangan pertama kali dilakukan pada saat tanaman berumur 2 minggu dan bersamaan dengan ini maka dilakukan pembubunan guna merangsang rimpang agar tumbuh besar dan tanah tetap dalam keadaan gembur.
  • Pembubunan : Seperti halnya tanaman rimpang lainnya, pada kunyit pekerjaan pembubunan ini diperlukan untuk menimbun kembali daerah perakaran dengan tanah yang melorot terbawa air. Pembubunan bermanfaat untuk memberikan kondisi media sekitar perakaran lebih baik sehingga rimpang akan tumbuh subur dan bercabang banyak. Pembubunan biasanya dilakukan setelah kegiatan penyiangan, biasanya dilakukan secara rutin setiap 3-4 bulan sekali
  • Pemupukan : Pemupukan dilakukan secara berkala dengan dosis yang tepat. Usahakan jangan memberikan pupuk dengan dosis yang berlebihan karena bisa merusak tanaman kunyit itu sendiri.
  • Pengairan dan penyiraman : Tanaman kunyit merupakan salah satu tanaman yang tidak tahan air. Oleh sebab itu, drainase dan pengaturan pengairan sangat perlu dilakukan sebaik mungkin, agar tanaman terbebas dari genangan air sehingga rimpang tidak membusuk. 
  • Pemulsaan : Sedapat mungkin pemulsaan dengan jerami dilakukan pada awal tanam untuk menghindari kekeringan tanah, kerusakan struktur tanah ( menjadi tidak gembur / padat ) dan mencegah tumbuhnya gulma. Jerami dihamparkan merata menutupi permukaan diantara lubang tanaman.
Sekarang anda tinggal memilih, jika mempunyai lahan yang sempit ... bertanam kunyit menggunakan pot / karung. Sedangkan jika mempunyai lahan yang luas, menanam di lahan terbuka menjadi pilihan yang tepat. Semakin banyak membudidayakan dan semakin serius dalam merawatnya.. tentu akan menghasilkan keuntungan yang besar dan menggiurkan.

Kami menjual bibit kunyit unggul, Siap Tanam

Alamat Kami :
Bang USMAN / Warung Bibit
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA: 0857 2971 0988


0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami