Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Teknik Budidaya Tanaman Lengkuas / Laos : Warung Bibit


Lengkuas ... ?? Jenis rempah ini begitu di kenali oleh banyak orang. Lengkuas atau sering juga di sebut dengan " Laos " dalam bahasa jawa banyak digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur ala Indonesia seperti sayur asem sampai aneka jenis gulai bumbu santan gurih. Lengkuas merupakan salah satu jenis umbi - umbian. Tunas samping lengkuas yang masih muda juga sering dikonsumsi sebagai lalapan setelah dikukus terlebih dahulu. Kuncup-kuncup bunga lengkuas yang sudah mulai mekar juga dapat dimanfaatkan sebagai lalapan.

Jika anda ingin menanam lengkuas di halaman rumah, sangatlah mudah. Jika mempunyai lahan yang sempit, bisa juga dengan tabulampot lho.. ataupun di tanam di karung. Lengkuas dapat tumbuh baik di daerah yang pada ketinggian 1.200 m diatas permukaan air laut atau dataran rendah. Biasanya tanaman ini banyak tumbuh di tempat agak teduh dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Rimpang Lengkuas
Cara Budidaya Tanaman Lengkuas
      Budidaya tanaman lengkuas memang masih belum banyak orang yang tertarik, namun seiring dengan permintaan akan lengkuas ini dan banyaknya penjual makanan, Warung-warung makanan ala masakan Indonesia, pabrik-pabrik jamu dan obat herbal yang menggunakan bahan baku dari lengkuas otomatis semakin meningkat pula permintaan akan lengkuas ini.
Hal seperti itulah dimanfaatkan oleh sebagian para petani, untuk membudidayakan tanaman lengkuas dengan serius agar menghasilkan keuntungan.

    Jika anda berminat dan tertarik untuk membudidayakan tanaman lengkuas ini, janganlah ragu ya. Atau sekedar untuk melakukan hobi berkebun anda juga bisa. Berikut kami sajikan cara budidaya tanaman lengkuas yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  • Siapkan Lahan Terlebih Dahulu
Sebelum kita menanam tanaman lengkuas ini, hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan lahan terlebih dahulu. Lahan yang digunakan haruslah mempunyai unsur hara yang cukup dan gembur. Jika anda ingin menanam di dalam karung / tabulampot, juga harus memperhatikan media tanam agar tetap gembur dan porous. Untuk tempat penanaman, mau di dataran rendah maupun tinggi.
  •  Pengolahan Lahan
Langkah selanjutnya adalah mengolah lahan yang akan ditanami lengkuas, dengan cara mencangkul atau membajak agar tanaman semakin gembur. Setelah di bajak, diamkan terlebih dahulu tanah selama 1 atau 2 minggu agar racun-racun dalam tanah hilang.
  • Pemilihan bibit lengkuas
Pemilihan bibit yang tepat akan mempengaruhi hasil panen nantinya. Anda bisa memilih bibit lengkuas dari tanaman induk lengkuas yang telah menghasilkan panen yang bagus. Atau anda juga bisa membeli bibit lengkuas di lapak-lapak bibit yang telah terjamin kualitasnya.
  • Penyemaian
Jika anda ingin bertanam di lahan terbuka, teknik penyemaian bibit lengkuas ini dengan cara menyemaikan di tempat khusus yang diberi sekam padi. Hingga nantinya tumbuh tunas di setiap potongan lengkuas.
  • Proses Penanaman
Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas baik / dilakukan penyemaian terlebih dahulu, maka langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Cara menanamnya pun cukup mudah, yaitu dengan cara membenamkan bibit lengkuas tadi pada lubang yang telah di buat di lahan lalu timbun kembali dengan tanah. Pagar di sekeliling tanaman, juga bisa dibuat untuk menghindarkan dari serangan hewan peliharaan.

Setelah proses penanaman selesai, anda tinggal merawat seperti halnya tanaman lainnya. Siramlah secara rutin dan berikan pupuk secara berkala. Penggunaan pupuk kandang juga bagus untuk tanaman lengkuas, asalkan sudah difermentasikan. Karena pupuk kandang yang belum di fermentasikan, kurang dan bahkan tidak bagus untuk tanaman.

Bagaimana ?? Mudah kan, budidaya nya ??
Hanya butuh keseriusan dan ketelatenan, keberuntungan akan datang untuk anda ....
Mari berkebun Lengkuas bersama kami,
Penyedia bibit tanaman lengkuas unggul .....

Alamat kami

Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jateng
Telp / WA : 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami