Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Cara Mudah Membuahkan Nangka Mini : Warung Bibit


Nangka madu dan nangka mini memang sama-sama buah nangka, namun sangat berbeda jika di cermati secara teliti. Nangka mini mempunyai getah yang lebih sedikit di dalam buahnya dibandingkan dengan buah nangka lainnya. Tanaman yang bersifat genjah ini mempunyai buah dengan bentuk yang bulat serta lonjong, buah berukuran tidak terlalu besar serta berbiji banyak. Daging buah berwarna kuning merah, lunak, manis serta berwarna spesifik. Kulit buah berduri dan tumpul yang berwarna hijau muda.



Mungkin sebagian orang masih bingung, kenapa sih tanaman nangka mininya belum juga mau berbuah ?? nah... kemungkinan ada yang salah dalam perawatannya atau syarat tumbuhnya. Nangka mini dapat tumbuh dengan optimal di dataran rendah pada ketinggian 200 - 6.000 m dpl. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan bunga dan buahnya. Namun juga memerlukan curah hujan tinggi yaitu 1.500 - 2.500 mm / tahun. Dengan kelembaban tinggi, di harapkan dapat mengurangi penguapan.

Nangka mini merupakan tanaman yang genjah, bahkan pohonnya mampu berbuah pada umur 3 tahunan. Bahkan bisa di budidayakan di dalam pot / lahan terbuka. Namun jika ingin nangka mini hidup lebih lama, sebaiknya tanamlah di lahan terbuka dengan menyediakan lahan ukuran 2 x 2 meter untuk menanam 1 pohon. Usahakan agar media tanam tidak sampai kering, karena akan membuat tanaman stress dan daunnya rontok. Sehingga jika intensitas hujan tidak terlalu tinggi, sebaiknya siramlah tanaman secara teratur.

Untuk pemupukan, pada awal penanaman bibit berikanlah pupuk NPK atau pupuk kandang. Skala pemupukan yang pertama cukup di lakukan 1 bulan sekali. Dan setelah tanaman mulai berbuah, lakukan pemupukan 2 kali dalam setahun. Maksimal 1.000 gram pupuk pertahun untuk satu pohon atau sama artinya 500 gram setiap setengah tahun.

Agar tanaman nangka mini ini dapat tumbuh bagus dan rutin di panen maka harus rajin memotong tunas-tunas baru yang muncul, kecuali tunas pokok. Hal ini berfungsi agar asupan nutrisi ke batang inti tidak terganggu karena tunas baru tidak produktif. Dan ketika batang tanaman tingginya sudah melebihi 3 meter ( m ) maka perlu di potong. Karena jika tidak, nangka mini ini ketinggiannya bisa mencapai 6-8 meter. Sehingga pasti membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak lagi. Pemangkasan sangatlah penting pada proses perawatan tanaman.

Jika anda ingin menanam nangka mini ini, pilihlah yang berasal dari okulasi agar cepat berbuah. Pemilihan tanaman menggunakan biji, akan lebih lama dalam berbuahnya. Bahkan dapat mencapai umur sampai 7 hingga 9  tahun. Tentu lebih efektif dan efisien yang perbanyakan dari sistem okulasi. Dengan perawatan yang baik dan benar, tentu tanaman nangka mini akan tumbuh sehat dan rajin berbuah.

Mari Berkebun nangka mini ... !!  Buah nangka unik, Super Genjah  dan enak di konsumsi ....

Supported by :
Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07, Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA = 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami