Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Macam - Macam Hama Tanaman Jambu Dan Cara Pengendaliannya : Warung Bibit

Tanaman Jambu banyak di budidayakan, karena buahnya yang menyegarkan serta mempunyai banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bagi anda yang baru saja berkebun, mungkin belum begitu mengenal apa saja musuh-musuh tanaman jambu ini. Jika kita sendiri tidak tahu musuh tanaman jambu / hama penyakit tanaman jambu tentu sangatlah merugi karena untuk menghasilkan tanaman jambu yang baik tentu perlu penanganan hama yang tepat dan cepat.

Berikut ini saya sajikan tentang jenis hama tanaman jambu dan cara penanganannya. Dengan tips berikut mudah-mudahan dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi anda yang sedang mencoba berkebun tanaman jambu.


No
Jenis Hama
Ciri-Ciri
Cara Penanganan
1
Ulat Kupu-Kupu Gajah
Hewan ini mempunyai bentuk dengan ukuran panjang sekitar 12 cm, mempunyai warna hijau muda hingga kebiru-biruan, badan gemuk dan lunak. Akan bertelur di tepi-tepi daun dan kepompong bergelantungan pada daun, kemudian nanti akan terlihat juga pada daun berlubang-lubang karena dimakan ulat tersebut. Bila dibiarkan daun akan mengerut, menguning dan kemudian mati

Dapat dikendalikan dengan mengumpulkan telur, ulat, serta kepompongnya lalu dimusnahkan. Dapat ditangani pula dengan menggunakan pestisida namun hal ini tidak disarankan.
2
Kutu Perisai Hijau
Hama ini mempunyai ukuran yang kecil sekitar 3-5 mm, dengan memiliki warna hijau sedikit kemerahan. Menempel di bagian bawah daun dan mengakibatkan munculnya bercak hitam seperti jelaga.

Hama ini dapat dikendalikan dengan cara memberikan musuh alami seperti kepik. Namun pada saat musim penghujan hama ini akan musnah dengan sendirinya karena serangan beragam cendawan.
3
Keluang / codot
Keluang / codot akan memakan pada buah hingga daging buah sehingga buah terkelupas dan kemudian jatuh. Hal ini bila dibiarkan akan mengurangi dan mengganggu proses pembuahan sehingga peoduktivitas tanaman menjadi menurun.

Jenis hama ini dapat dikendalikan dengan cara memberikan selambu pada sekitar tanaman atau dengan membungkus bakal buah satu persatu sehingga terhalangi dari jenis hama ini.
4
Benalu
Benalu bekerja dengan menyerap sari pada tanaman sehingga kualitas serta pertumbuhan tanaman tersebut menjadi terganggu.

Dapat dikendalikan dengan sanitasi lahan, membuang dan membersihkan dari tanaman.
5
Lalat Buah
Lalat buah akan menyerang pada bagian buah tanaman, lalat ini akan meletakkan telurnya pada daging buah, lalu larvanya menetas dan memakan buah jambu air sehingga buah berlubang dan kulitnya terkelupas. Bila hal ini dibiarkan bisa mengurangi dan mengganggu proses pembuahan tanaman.

Hama ini dapat dikendalikan dengan cara menyemprotkan insektisida Diazinon pada daun dan buah sesuai dengan petunjuk atau bisa juga dengan cara membungkus bakal buah dengan satu-persatu.
6
Penggerek Batang
Hama ini menyerang bagian batang tanaman, bisa terlihat pada batang yang kulitnya terkelupas dan mengeluarkan getah.
Hama ini dapat dikendalikan dengan cara menggunakan kapas yang telah direndam dengan insektisida yang disumbatkan dibagian yang berlubang tersebut.



Demikianlah  jenis hama tanaman jambu dan teknik pengendaliannya. Silahkan anda bisa mencobanya....  Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Supported By :
Warung Bibit / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo
Jawa Tengah
Telp / WA = 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami