Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » » Tanaman Kapulaga, Rempah-Rempah Unggul Nusantara

Tanaman Kapulaga, Rempah-Rempah Unggul Nusantara


Kapulaga ~ Tanaman kapulaga ini termasuk tanaman herbal yang hampir menyerupai jahe. Tak heran, jika rempah-rempah ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 200 - 1.000 m dpl. Kapulaga banyak dibudidayakan oleh banyak petani, di karenakan harga di pasaran yang cenderung stabil. Selain itu, permintaan yang terus meningkat seiring dengan berkembangnya pabrik-pabrik jamu berbahan dasar kapulaga. Kapulaga juga sering dibuat sebagai penyedap masakan.



Kapulaga merupakan jenis tanaman herbal yang berbentuk rumpun, dan dapat mencapai ketinggian 2-3 meter. Umumnya tanaman ini hidup di hutan-hutan masih lebat. Awalnya memang tanaman ini tumbuh liar, namun kemudian banyak dibuddidayakan karena menguntungkan. Tumbuhan dengan batang basah ini juga memiliki batang berpelepah daun membalut batangnya. Letak daun ini berseling -seling sedangkan bunga tersusun dalam tandan yang keluar dari rimpang.

Ciri-ciri dari kapulaga diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Tanaman ini berbentuk ketandan kecil-kecil serta pendek. Berbentuk bulat, terkadang berbulu dan berwarna kuning kelabu.
  • Dinding buahnya berkulit tipis, sel-sel lapisan dalam berbentu persegi empat dalam parenchym, calcium, oksalat, dalam bentuk jarum berbalur, berbulu dan berbau wangi. 
  • Kapulaga mempunyai biji dengan bentuk berlipat-lipat, berbau kapur barus, sel kulit ari dan sel minyaknya yang agak kecil.
Kapulaga mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoida dan polifenol. Sedangkan minyak atsirinya terdiri dari terpinoel, terpinil, sinieol, borneol serta beta kamfer. Dan satu lagi yang wajib ada ketahui bahwa dari keseluruhan bagian tanaman kapulaga baik dari buah, batang dan daun semua memiliki khasiat sebagai obat kuat, encok, rematik serta demam. Seperti buahnya yang digunakan sebagai penyedap dan penyegar makanan serta minuman. Selain itu, daun yang sudah dikeringkan, digiling lalu direbus dapat menjadi minuman penghangat bagi orang yang kedinginan. Terutama bagi sebagian orang yang tinggal di pegunungan, daerag beriklim dingin ataupun di hutan yang sangat lembab.


Anda bisa mendapatkan bibit kapulaga hanya di tempat kami, kondisi sudah siap tanam dan berkualitas.

Monggo datang ke tempat kami, silahkan di order via online juga bisa :

Bang USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02 Kec. Kemiri
Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA = 085729710988

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

PISANG AMBON DAN BEBERAPA MANFAATNYA YANG JARANG DIKETAHUI

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung