Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » , » PISANG BATU DENGAN BERBAGAI MANFAATNYA

PISANG BATU DENGAN BERBAGAI MANFAATNYA

 PISANG BATU DAN BERBAGAI MANFAATNYA



Pisang batu adalah spesies pisang yang masih memiliki biji. Persilangannya dengan Musa acuminata bisa dimakan.
Nama ilmiah   : Musa balbisiana
Genus             : Musa
Famili              : Musaceae
Kerajaan         : Plantae
Ordo                : Zingiberales
Spesies           : M. balbisiana

Pisang Batu adalah jenis pisang yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Sumatera Barat. Nama "Pisang Batu" berasal dari bahasa Minangkabau yang berarti "pisang bebatuan", merujuk pada teksturnya yang keras dan padat. Pisang ini memiliki ciri khas kulitnya yang berwarna hijau kecokelatan dengan ujung yang runcing.

Pisang Batu memiliki sejarah panjang di Indonesia, menjadi salah satu jenis pisang yang populer di pasar lokal maupun internasional. Pisang ini tidak hanya dinikmati sebagai buah segar, tetapi juga sering diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti gorengan atau kue tradisional.

Kemunculan Pisang Batu dalam budaya Indonesia telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam keanekaragaman kuliner Indonesia serta dalam ekonomi petani pisang di daerah Sumatera Barat dan sekitarnya.


Di bawah ini ada beberapa manfat pisang batu untuk kesehatan tubuh, yaitu:
1. Meringankan Gejala Maag 

  Manfaat pisang batu yang pertama adalah membantu meringankan gejala maag. Maag adalah penyakit lambung, di mana penderitanya merasakan rasa perih pada bagian lambung dikarenakan banyak faktor. Mulai dari karena lapisan dinding lambung yang tipis, sering telat makan, lambung yang terluka, hingga faktor stres. Penyakit maag ini bisa diringankan gejalanya dengan rutin mengonsumsi pisang. Jenis pisang yang dikonsumsi bisa beragam, termasuk pisang batu. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

   Tak hanya bisa meredakan gejala maag, manfaat pisang batu bisa untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang baik, makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diolah dengan baik. Nah, pastinya kandungan nutrisi bisa diserap secara lebih maksimal. Usus juga bisa lebih sehat karena di dalam pisang batu ini terdapat kandungan serat yang tinggi.

3. Meredakan Demam

    Salah satu manfaat pisang batu adalah bisa meredakan demam. Orang zaman dulu percaya, pisang ini mampu meredakan demam yang diakibatkan oleh gejala flu dan batuk. Di dalam pisang batu terdapat kandungan anti peradangan dan vitamin C yang tinggi sehingga membantu meredakan demam.

4. Mencegah Diare

    Manfaat pisang batu yang lainnya adalah mencegah diare yang terjadi karena infeksi bakteri atau faktor lainnya. Jika diare tidak segera dicegah, maka bisa mengalami lemas dan kekurangan cairan. Cara menggunakan pisang batu membantu mengobati diare dengan mencampur tiga buah pisang batu yang telah matang dan tiga buah yang belum matang. Lalu, lumatkan hingga hancur lalu ambil airnya. Anda bisa minum cairan ini sekali saja dalam sehari hingga diare mereda.

5. Membantu Mengobati Wasir

    Wasir adalah penyakit yang timbul dikarenakan adanya benjolan yang muncul di sekitar lubang anus. Biasanya, hal ini membuat merasa kesakitan dan ada rasa nyeri ketika buang air besarUntuk membantu mengobatinya, gunakan pisang batu yang dicampur dengan daun jambu biji yang masih muda yakni yang warnanya hijau muda. Parut pisang batu dan tumbuk daun jambu biji kemudian peras airnya. Anda bisa langsung meminumnya setiap hari. Jika tidak suka dengan rasa yang pahit agak getir dari campuran dua bahan tersebut, bisa dengan mengukus pisang batu sebanyak dua buah. Lalu, mengonsumsinya untuk disantap di malam hari sebelum tidur.

6. Menstabilkan Kadar Gula Darah

    Manfaat pisang batu lainnya adalah digunakan untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Kekurangan gula darah bisa menyebabkan seseorang merasa mudah lemas dan lelah. Namun, jika langsung mengonsumsi makanan yang manis, maka terjadi lonjakan kadar gula darah dalam tubuh sehingga bisa berdampak negatif pada kesehatan. Dengan mengonsumsi rutin pisang batu, maka gula darah bisa tetap terjaga dengan baik tanpa perlu khawatir turun atau naik secara tiba-tiba. Ini sebuah jurnal penelitian yang berjudul Antidiabetic and Antilipidemic Effect of Musa balbisiana Root Extract: A Potent Agent for Glucose HomeostasisDijelaskan bahwa kandungan dalam pisang batu membantu tubuh menstabilkan kadar gula darah dengan baik. Jadi, tak mengherankan kalau manfaat pisang batu baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes.

7. Menghilangkan Jerawat

    Manfaat pisang batu untuk kecantikan ini membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Simak jurnal penelitian yang berjudul Analisis Fraksi Buah Pisang Batu (Musa Balbisianae Colla) yang Bersifat Sebagai Antibakteri dan Mekanismenya. Di dalam pisang batu terdapat kandungan antibakteri yang tinggi sehingga cocok digunakan mengobati jerawat. Berbeda dengan cara mendapatkan manfaat pisang batu untuk kesehatan yakni dimasak. Jika digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat, haluskan pisang batu hingga halus. Lalu, tinggal oleskan ke bagian kulit yang berjerawat.

8. Menghitamkan Rambut

    Manfaat pisang batu juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Selain menghitamkan rambut pisang ini juga bisa mencerahkan dan mengembalikan warna alami rambut. Anda bisa menggunakannya dengan cara menghaluskan rambut lalu mengoleskannya ke rambut hingga bagian akar. Kemudian, tunggu sekitar 30 menit dan bilas hingga bersih. Setelah itu, anda bisa langsung keramas. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Untuk mendapatkan Bibit Pisang Batu yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi kami di Whatsapp kami di nomor 0822-1683-3431 / 0857-2971-0988


0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung