Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » » MANGGA IRWIN UNGU YANG CANTIK DAN KAYA MANFAAT

MANGGA IRWIN UNGU YANG CANTIK DAN KAYA MANFAAT

MANGGA IRWIN UNGU YANG CANTIK DAN KAYA MANFAAT



Mangga irwin dengan nama latin Magnifera Indica ini merupakan varietas mangga introduksi dari Australia. Berbeda dengan mangga lain yang umumnya memiliki kulit berwarna hijau atau kuning, mangga irwin punya warna merah hingga ungu.

Meski dikenal sebagai varietas mangga dari Australia, tapi sebenarnya mangga ini pertama kali dikembangkan di Florida Selatan. Pohon mangga ini pertama ditanam pada 1939 di Miami dan buah pertama bisa dipanen pada 1945. Mulai tahu 1949, bibit pohon ini disebarluaskan ke berbagai daerah.

Mulai tahun 1970-an, mangga irwin mulai tumbuh dan berbuah di berbagai negara seperti Jepang, Taiwan dan Australia. Di negeri Kanguru ini, mangga irwin tumbuh subur sehingga tak heran banyak orang yang mengira mangga ini asli dari Australia.

Warna ungu cerah pada mangga ini berasal dari tigginya zat antosianin. Mangga ini tetap mengandung klorofil penghasil warna hijau namun dalam jumlah sangat sedikit.

Mangga ini punya bentuk pangkal yang bulat dan sedikit meruncing pada bagian ujungnya. Permukaan kulitnya halus dan mulus. Ukurannya terbilang sedang, satu buah mangga irwin bisa mencapai berat 500 gram.

Mangga irwin sudah memilki warna merah keunguan sejak masih berukuran kecil. Semakin besar ukuran mangga maka warnanya akan semakin ungu cerah. Lapisan kulitnya juga akan perlahan tampak mengilap.

Daging buah mangga irwin berwarna kuning cerah hingga oranye ketika sudah masak. Aromanya manis segar dengan rasa yang sangat manis.

Mangga irwin memiliki daging buah yang padat dan berserat halus. Mangga ini enak disantap langsung, dijadikan campuran salad ataupun diolah jadi minuman. Daging buah mangga ini tebal karena memiliki biji yang tipis dan kecil.

Mangga irwin juga cenderung agak bertepung, ini menandakan kalau mangga mengandung pati yang tinggi. Mangga irwin bisa disantap dalam keadaan setengah matang maupun matang.

Buah mangga irwin bukan hanya diburu karena tampilannya yang cantik tapi juga karena khasiat kesehatan yang besar. Mangga ini mengandung vitamin, zat besi hingga antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sekaligus menangkal berbagai penyakit.

Mangga irwin tercatat ampuh mengobati diabetes melitus, menjaga kesehatan tulang hingga mengatasi anemia. Banyak yang tak percaya kalau buah super manis ini bisa mengobati diabetes tapi ini dibuktikan dengan kandungan flavaniod serta antosianin.

Vitamin D yang berlimpah pada buah ini juga membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ada juga kandungan zat besi yang membantu mengatasi anemia atau kurang darah. Buah ini bagus untuk disantap ibu hamil dan anak-anak.


Beberapa manfaat mangga irwin untuk kesehatan yaitu:

1. Baik untuk penyakit diabetes

Walaupun rasanya manis, mangga ini bagus untuk penyakit berbahaya seperti yang dialami para penderita diabetes berkat kandungan senyawa antosianin didalamnya jika dikonsumsi dalam porsi yang sewajarnya. Jika berlebihan, mangga juga dapat membawa pengaruh buruk pada kadar gula darah.

2. Melindungi dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan berbagai akibat mulai dari kulit yang terbakar sampai kerusakan sel – sel tubuh jika seseorang terkena sinar UV berlebihan. Kandungan senyawa flavonoid dalam buah mangga ungu sangat baik untuk menjaga sel tubuh dari bahaya sinar UV.

3. Berguna untuk kesehatan tulang

Semua orang tentunya tidak ingin mengalami pengeroposan tulang, karena itu dibutuhkan asupan vitamin D yang cukup untuk menjaga tulang tetap kuat. Manfaat mangga irwin mengandung banyak vitamin salah satunya vitamin D. Vitamin ini telah terbukti sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang khususnya mencegah pengeroposan dan memperkuat tulang.

4. Mengatasi anemia

Anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana penderita kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Penderita penyakit anemia perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Mangga ini mengandung zat besi yang sangat baik untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Khususnya untuk mencegah anemia pada wanita hamil dan juga pada anak – anak.

5. Sebagai anti radang

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan fitokimia yang ada pada mangga berperan sebagai anti peradangan pada beberapa penyakit patologis yang berhubungan dengan respons tubuh terhadap peradangan. Misalnya kolitis ulseratif dan inflammatory bowel disease adalah kelainan yang ditandai oleh peradangan kronis dan kerusakan jaringan mukosa pada organ pencernaan sehingga meningkatkan resiko kanker kolon dan kanker rektum.

6. Sebagai anti kanker

Komponen bio aktif yang terkandung di berbagai bagian mangga termasuk manfaat mangga irwin juga dapat membantu berperan sebagai anti kanker. Kandungan flavonoid dan vitamin C dalam mangga irwin akan berperan sebagai antioksidan serta menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh yang bugar dan bebas dari penyakit adalah keinginan semua orang. Manfaat mangga irwin dapat dikonsumsi secara rutin karena mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Masih ada juga manfaat mangga madumanfaat mangga harum manis , manfaat daun mangga dan manfaat kulit mangga.

8. Menangkal radikal bebas

Kondisi lingkungan yang penuh debu dan polusi berpotensi menimbulkan radikal bebas yang pada akhirnya akan membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu kita perlu mengonsumsi makanan – makanan yang mengandung antioksidan. Manfaat mangga irwin ini mengandung banyak antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

9. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang kaya dalam mangga irwin juga dapat menurunkan resiko penuaan dini yang ditimbulkan dari serangan radikal bebas terhadap tubuh. Tanda – tanda penuaan seperti garis halus, keriput dan kulit kusam akan berkurang jika mengonsumsi mangga irwin secara teratur.

10. Mencegah penyakit eritrema

Eritrema adalah suatu kondisi ketika kaki penderitanya mengalami pembengkakan dan menjadi berwarna merah. Manfaat mangga irwin dengan kandungan flavonoid didalammnya mampu mencegah penyakit tersebut. Ketahui juga manfaat mangga mudamanfaat daun mangga kering dan manfaat mangga manalagi.

11. Menjaga kesehatan mulut

Kondisi mulut yang sedang mengalami sariawan pastinya sangat membuat tidak nyaman dan tidak enak makan. Salah satu penyebab sariawan biasanya karena kekurangan vitamin C. Manfaat mangga irwin bisa mengatasi masalah sariawan dengan kandungan citamin C yang dapat memenuhi 2 kali kebutuhan vitamin C harian Anda.

Untuk mendapatkan bibit Mangga Irwin yang Unggu dan Berkualitas bisa hubungi kami di WA 0822216833431 / 08572710988

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

MANGGA GOLEK INDIA DENGAN BERAGAM MANFAATNYA

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung