Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Home » , , , , , » Woww, Si Buah Nangka Cebol (Nangka Mini) Yang Super Genjah Berbuah

Woww, Si Buah Nangka Cebol (Nangka Mini) Yang Super Genjah Berbuah


Berbeda sekali lho dengan tanaman nangka lainnya, seperti namanya nangka mini mempunyai ukuran pohon dan buah yang pendek bahkan ketinggiannya hanya mencapai 3 - 5 meter saja. Dan ini sangat cocok bagi anda yang hobi berkebun karena dapat menanamnya di pekarangan rumah / halaman rumah maupun sebagai tabulampot. Nangka jenis ini sangatlah genjah dan dapat berbuah pada umur 2 tahun sejak tanam dengan sistem okulasi (vegetative). Hal ini sangat mempersingkat waktu panen, jika anda tertarik untuk menanam sendiri maupun dibudidayakan.

Jika dilihat dari bentuknya, buah nangka mini sama dengan buah nangka biasa hanya saja ukurannya lebih kecil. Pohon nangka mini ini membutuhkan ketinggian 700 m dpl dengan tanah yang gembur dan berpasir. Tanaman nangka mini memerlukan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu antara 2.500-3.000 mm/tahun. Agar menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas maka harus rajin menyiram kalau musim kemarau agar tidak mati dan juga pemberian pupuk dengan dosis yang sesuai untuk mencukupi nutrisi tanaman terutama ketika fase berbunga hingga panen.

Media tanam yang baik saat bertanam nangka mini adalah tanah yang subur dicampur pupuk kandang dan sekam mentah. Memanglah membutuhkan ketekunan / ketelatenan dalam merawat tanaman ini hingga berbuah, namun percayalah jika semua itu dilakukan dengan keikhlasan pasti semuanya akan membuahkan hasil yang baik dan semua rasa lelah akan terbayarkan ketika anda memetik sendiri buah nangka mini langsung dari pohonnya.

Tips untuk merangsang agar tanaman nangka mini ini cepat berbuah diantaranya dengan cara menghilangkan tunas atau cabang-cabang kecil serta menyisakan cabang yang besar-besar saja. Satu dahan sebaiknya ditumbuhi 1 buah saja. Dan begitu muncul buah segeralah dibungkus kertas semen atau anyaman daun kelapa agar terhindar dari serangan hama, seperti tikus, semut, atau kelelawar.

Begitulah kiranya seputar tentang buah unik si nangka mini yang praktis ditanam di halaman rumah yang sempit seperti rumah-rumah perkotaan maupun dijadikan sebagai hiasan / tabulampot.
Jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman ini, silahkan dapatkan hanya di tempat kami. Kami juga menyediakan aneka bibit tanaman buah dan bibit tanaman lainnya dengan kualitas unggul dan harga bersahabat. Adapun alamat kami :

Bang USMAN  /  Warung Bibit
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988  /  BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami