Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Keunggulan Pohon Albasia ( Sengon), Manfaat Serta Kegunaannya - Warung Bibit


budidaya sengon | budidaya albasia | jual bibit albasia | jual bibit sengon | bibit albasia berkualitas | bibit sengon berkualitas | pemeliharaan tanaman sengon | pemeliharaan tanaman albasia

Albasia / sengon merupakan pohon penghasil kayu yang berasal dari daerah tropis. Di Indonesia sendiri kayu Albasia banyak ditemukan di daerah Jawa. Menanam albasia juga bisa dijadikan sebagai sebuah investasi yang sangat menjanjikan untuk masa depan karena masa panen kayu ini relatif lebih singkat yaitu dalam kurun waktu 4 - 5 tahun sudah bisa dipanen kayunya ( ditebang ).

Jika anda masih penasaran dan juga masih awam dengan dunia perkayuan khususnya kayu albasia ini, beberapa ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

1. Albasia merupakan jenis kayu yang lunak. Kayu ini jika dipegang terasa empuk hampir mirip dengan kayu randu atau kayu empuk.

2. Teras kayu / bagian tengah kayu berwarna agak putih dan ada juga yang berwarna coklat muda pucat. Akan tetapi kebanyakan warna kayu albasia / sengon pada bagian tengahnya berwana putih.

3. Kebanyakan kayu albasia bertekstur kasar.

4. Ketika pohon albasia baru ditebang, biasanya tercium bau mirip dengan kayu petai. Tetapi bau tersebut akan menghilang dengan sendirinya seiring kondisi kayu yang mengering.

5. Kayu Albasia memiliki permukaan sedikit agak licin dan mengkilap.


Manfaat dan Kegunaan kayu Albasia / Sengon

Terdapat berbagai macam manfaat yang terdapat pada pohon albasia ini, bahkan hampir semua dari bagian pohon ini mempunyai nilai kegunaan yang cukup tinggi. Pantaslah jika pohon albasia ini juga di sebut sebagai pohon serbaguna.
  • Daun  => Daun albasia mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik digunakan sebagai pakan ternak alami. Jenis ternak seperti sapi, kerbau dan kambing sangat menyukai daun albasia ini.
  • Perakaran  => Sistem perakaran albasia banyak mengandung bakteri rhizobium. Hal ini menguntungkan bagi akar dan tanaman disekitarnya karena menyediakan unsur nitrogen dalam tanah. Albasia memiliki akar tunggang yang cukup kuat menembus ke dalam tanah, tidak menonjol ke permukaan tanah dan akarnya rambutnya pun tidak terlalu besar. Akar rambut inilah yang menyimpan zat nitrogen yang membuat tanah disekitar pohon ini menjadi subur.
  • Batang / Kayu Albasia  => Salah satu bagian dari pohon sengon / albasia yang memberikan manfaat paling besar yaitu batang kayunya. Dengan harga yang cukup menggiurkan, saat ini Albasia banyak diusahakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan sebagai bahan baku pembuat peti, papan penyekat, pengecoran semen dalam kontruksi, pensil, industri korek api, papan partikel, bahan baku industri pulp kertas dan masih banyak lagi yang lainnya. Dapat juga digunakan sebagai konstruksi ringan, kerajinan tangan, kotak cerutu, veneer, kayu lapis, korek api, alat musik, pulp.

budidaya sengon | budidaya albasia | jual bibit albasia | jual bibit sengon | bibit albasia berkualitas | bibit sengon berkualitas | pemeliharaan tanaman sengon | pemeliharaan tanaman albasia

Selain di tanam sebagai investasi masa depan, Albasia ini juga dapat berfungsi sebagai pohon pelindung, reboisasi dan penghijauan. Jika anda tertarik untuk berinvestasi albasia, caranya pun tidak terlalu sulit. Perawatannya pun cukup sederhana, hanya saja perawatan dibutuhkan perawatan secara khusus dan kontinyu pada saat albasia berumur 1-3 bulan. Dengan banyaknya kelebihan dan nilai guna yang di peroleh dari pohon albasia ini, petani juga dapat meraup untung sekaligus menjaga kelestarian alam.
Kami, Warung bibit menyediakan bibit albasia unggul dengan harga yang bersahabat. Tersedia juga aneka bibit kayu lainnya dengan kualitas unggul. Adapun alamat kami :

Bang USMAN
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02 ( Arah SMP N 32 Purworejo )
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0818 0225 7111, 085228366998 atau BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

MANGGA GOLEK INDIA DENGAN BERAGAM MANFAATNYA

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung