Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Buah Nam-nam, Si " Kopi Anjing " Yang Unik dan Bermanfaat


Buah Namnam ini mempunyai ciri yang tidak dimiliki oleh tanaman buah lainnya, yaitu ketika berbuah ada dibagian bawah batang. Buah Namnam bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan sebagai rujak, asinan atau juga manisan. Buah ini juga sering mendapat julukan " kopi anjing ".

Namnam merupakan buah polong berdaging tidak tipis, bentuk buahnya seperti ginjal keriput berbuntut meruncing , bergantungan dibatang, Dengan warna buah yang coklat bersisik saat muda serta kehijauan atau kekuningan. Jika masak rasanya pun masam sedikit manis. Memiliki biji satu seperti ginjal pipih.

Asal usul tanaman namnam memang tidak begitu jelas, diperkirakan berasal dari wilayah Malaysia timur. Tinggi pohon hanya sekitar 3 meter. Namnam dapat di tanam sebagai tanaman hias pekarangan yang dapat diambil buahnya. Satu hal lagi yang cukup unik dari tumbuhan ini yaitu daun mudahnya berwarna merah muda ( jingga) sedangkan daun tuanya hijau, Hampir mirip dengan daun pucuk merah.


Meskipun buah ini belum begitu banyak dikenal oleh masyarakat namun ternyata buah ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Di daerah Sumatera Utara, tepatnya di Binjai banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman namnam (kopi anjing) ini sebagai obat karena daunnya mampu untuk mengobati penyakit kencing batu serta melancarkan air seni. Selain itu juga dapat mengobati diare.



Tanaman nannam dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan kondisi tanah yang subur. Sangat menyukai lahan yang terbuka dan datar. Perbanyakan Namnam dapat dengan cara vegetative yaitu cangkok / okulasi. Jika perbanyakan menggunakan biji, maka masa berbuahnya akan sangat lama. Namnam hanya bisa tumbuh dan dapat kita temui di daerah tropis saja.

Penasaran dengan buah namnam atau si kopi anjing ini ?? Ambil bibitnya aja yuuuuk ..... ???!!
Mudah ko menanamnya, perawatannya juga mudah...  ^_^

Di sini menjual bibit namnam unggul :
Bang USMAN / Warung Bibit
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Prop. Jawa Tengah
Telp / WA : 085729710988 , 085228366998 atau BBM 53E2E097

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami