Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Durian Tanpa Duri, Si Durian Gundul Super Unik


Durian gundul memang terdengar unik. Seperti namanya .... durian ini memang kulitnya tak berduri. Aneh dan sangat berbeda dengan buah durian pada umumnya. Buah ini hampir mirip dengan buah sukun, dengan ukuran sebesar buah melon. Sekilas memang buah ini mirip sekali dengan tempurung kelapa karena tidak berduri. Tanaman durian gundul mengalami mutasi bentuk yang disebabkan oleh alam sehingga membuat duri-duri pada kulit buahnya tidak ada.

Durian asal Lombok, NTB ini mempunyai berat mencapai 800 - 900 gram. durian ini juga mampu beradaptasi dengan baik di dataran sedang maupun dataran tinggi dengan ketinggian 250 - 700 meter dpl. Daging buahnya memiliki ketebalan 0,5 cm hampir mirip dengan durian lokal. Dari segi produktifitas pun cukup tinggi, untuk perpohonnya bisa mencapai 200 - 400 Kg.

Perbanyakan durian gundul

Perbanyakan durian gundul dapat dilakukan dengan cara  dua cara yaitu
  • Perbanyakan dari biji ( Generative )
Perbanyakan dari biji di lakukan dengan menanam biji yang dihasilkan dari buah durian yang unggul. Cara ini terbilang paling mudah, karena tidak merepotkan. Namun terdapat kekurangannya yaitu tanaman durian gundul akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menghasilkan buah.
  • Perbanyakan dari vegetative
Perbanyakan secara vegetative ini meliputi sambung pucuk dan okulasi ( tempel tunas ).
Sambung Pucuk ( Grafting ) merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan menggabungkan dua bagian tanaman yang berlainan sedemikian rupa sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh dan tumbuh sebagai satu tanaman yang unggul. Sedangkan ...
Penempelan ( Okulasi ) merupakan cara perbanyakan tanaman dengan cara okulasi ini paling banyak dilakukan oleh penangkar bibit karena cara ini memang cukup mudah dan sederhana serta hemat entres karena yang diambil dan digunakan hanyalah mata tunas.

Perbanyakan dengan sistem vegetative ini terbukti cukup efektif karena tanaman durian gundul akan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan biji , rata-rata pada umur 5 - 6 tahun sudah dapat belajar berbuah. Sedangkan keunggulan lainnya yaitu buahnya mempunyai kualitas yang unggul, karena mempunyai sifat yang sama dengan induknya berbeda dengan perbanyakan yang dari biji.


Tanaman Durian Gundul

 
Bibit Durian Gundul
Ingin menanam durian gundul ?? Yuuk, dapatkan bibit unggulnya hanya di sini. Kami menyediakan aneka bibit durian dengan kualitas unggul. Silahkan anda bisa memesannya dengan cara menghubungi kami / datang langsung saja ke alamat kami :

WARUNG BIBIT / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami