Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Ternyata Tak Cuma Satu Lho.. Jenis Tanaman Jahe Itu

Tanaman Jahe
Tanaman Jahe tak hanya satu lho ... ternyata ada banyak varietasnya. Jahe merupakan rempah-rempah yang sangat populer dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari seperti masak-memasak, tanaman jahe sangatlah di perlukan. Selain menambah cita rasa yang enak, juga membuat masakan lebih nikmat. Untuk masakan seperti ayam dan ikan, jahe ini digunakan untuk menghilangkan bau amis. Sedangkan dari segi kesehatan, jahe dapat digunakan untuk pengobatan herbal. Sehingga juga tak jarang, banyak pabrik jamu / minuman yang membutuhkan jahe sebagai bahan bakunya. Jadi ternyata ... Budidaya jahe ini cukup menjanjikan lho, karena peluang pasar sangatlah besar akan permintaan jahe ini. 

Terdapat bermacam-macam jenis jahe yang ada di sekitar kita, ada jahe gajah, jahe putih / jahe kuning / jahe emprit dan juga jahe merah. Tanaman jahe mempunyai rasa yang pedas, disebabkan oleh kandungan keton bernama zingeron. Tanaman ini diperkirakan berasal dari India. Tanaman jahe ini dapat tumbuh subur pada ketinggian 0 - 1.500 m dpl. Terkecuali untuk jenis jahe gajah, yang dapat tumbuh subur pada ketinggian 500 - 900 m dpl.

Dibawah ini terdapat gambar jenis jahe nya, diantaranya adalah sebagai berikut :

Jahe Putih / Jahe Emprit

Jahe Gajah

Jahe Merah

Adapun manfaat secara pharmakologi yaitu jahe juga dapat di buat sebagai obat herbal yang cukup ampuh, yaitu sebagai karminatif (peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.
Jahe dapat juga di buat sebagai biopestisida atau pestisida alami. Bahkan dewasa ini para petani menggunakan jahe sebagai pestisida untuk mengatasi hama tanaman cabe. 

Kita juga harus turut bangga lho, karena negara kita tercinta ini terdapat berbagai macam tanaman yang bermanfaat yang tidak semua negara mempunyai nya. Terutama untuk jenis rempah-rempahnya... seperti tanaman jahe ini. ☺☺☺


Supported By :

Bang USMAN/ WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

BIBIT AKAR WANGI YANG MEMILIKI BERAGAM MANFAAT

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung