Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB
Home » » PISANG MERAH DENGAN BERBAGAI MACAM MANFAATNYA

PISANG MERAH DENGAN BERBAGAI MACAM MANFAATNYA

 PISANG MERAH DENGAN BERBAGAI MACAM MANFAATNYA


Pisang merah adalah jenis pisang yang memiliki kulit berwarna merah atau keunguan saat matang. Buah pisang ini biasanya memiliki daging buah yang manis dan lembut, meskipun rasa dan teksturnya dapat bervariasi tergantung pada varietasnya. Pisang merah sering dianggap lebih manis daripada varietas pisang lainnya, dan sering dimakan segar atau digunakan dalam berbagai hidangan, seperti jus, es krim, atau kue.

Di beberapa daerah, termasuk Indonesia, pisang merah sering ditemukan dan menjadi bagian dari keanekaragaman jenis pisang yang dikonsumsi secara lokal. Pisang merah juga dikenal karena kandungan nutrisinya yang tinggi, seperti vitamin C, vitamin B6, potassium, dan serat.

Berikut ini adalah berbagai manfaatnya bagi kesehatan:

1. Mencegah dan Meredakan Sembelit

   Dengan mengsonsumsi pisang merah, Anda dapat mencegah dan meredakan sembelit. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Prebiotik dalam pisang merah juga dapat mengurangi kembung dan meningkatkan bakteri baik di usus.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi penderita tekanan darah tinggi, konsumsi pisang merah cukup disarankan. Ini karena kandungan kalium yang tinggi di dalam pisang merah mampu merilekskan ketegangan pada dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat menurun.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Rasa pisang merah dinilai lebih manis daripada pisang kuning. Meski begitu, pisang merah memiliki nilai indeks glikemik (GI) lebih rendah daripada pisang kuning. Makin rendah nilai GI, makin sedikit pengaruhnya terhadap kadar gula darah. Dengan begitu, Anda terhindar dari lonjakan gula darah dan menurunkan risiko terkena diabetes.

4. Mencegah Penyakit Mata

Manfaat pisang merah selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Ini karena kandungan lutein dan beta karotennya. Lutein dapat mencegah degenerasi makula karena usia, yaitu penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Sementara itu, beta karoten dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk mata yang sehat. Tercukupinya kebutuhan vitamin A dapat menurunkan risiko mengalami mata kering.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pisang merah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini bisa diperoleh dari kandungan vitamin C dan vitamin B6. Pasalnya, kekurangan vitamin C dan vitamin B6 dapat mengurangi produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi.

6. Mencegah Penyakit Radang Usus

Tidak hanya baik untuk pencernaan dan mampu mengatasi sembelit, kandungan serat di dalam pisang merah juga dapat mencegah radang usus. Kondisi ini dapat ditandai dengan keluhan berupa nyeri perut, diare berkepanjangan, bahkan buah air besar berdarah.

7. Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B6 dalam pisang merah baik untuk mencegah anemia. Pasalnya, vitamin B6 dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah sehingga jumlahnya tercukupi dan Anda pun terhindar dari anemia.

8. Meningkatkan Stamina

Manfaat pisang merah juga dapat menambah stamina dan menjaga tubuh agar tidak mudah lelah ketika beraktivitas. Manfaat ini berkat kandungan gula alami, seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa, yang dapat memberikan energi sepanjang hari. Pisang merah juga bisa dikonsumsi untuk camilan sebelum berolahraga agar lebih bertenaga.

9. Menurunkan Berat Badan

Satu buah pisang merah hanya mengandung 90 kalori dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Karena hal inilah pisang merah dapat dijadikan pilihan untuk makanan saat hendak menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi pisang merah, Anda dapat merasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi asupan kalori harian.

10. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat pisang merah juga diketahui dapat memperbaiki suasana hati. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin B6 yang mampu mengubah triptofan menjadi hormon serotonin dalam tubuh, yaitu hormon yang dapat memperbaiki suasana hati.

11. Mencegah Kanker

Pisang merah juga baik untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi pada pisang merah dipercaya mampu mencegah kerusakan sel dan pertumbuhan sel yang abnormal atau terlalu cepat. Bahkan, kandungan antioksannya lebih tinggi daripada pisang kuning. Untuk mendapatkan manfaat pisang merah, Anda dapat langsung mengonsumsinya atau diolah menjadi jus buah, smoothies, topping roti, atau es krim. Jika masih ragu mengonsumsi pisang merah, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, jangan ragu konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa menyarankan asupan dan takarannya yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Untuk mendapatkan bibit Pisang Merah yang unggul dan mudah ditanam bisa hubungi kami di whatsapp 0822-1683-3431 / 0857-2971-0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung