Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

5 Hal Penyebab Mengapa Tanaman Jeruk Sulit Untuk Berbuah - Warung Bibit

cara membuahkan buah jeruk | agar tanaman jeruk cepat berbuah | Penyebab tanaman jeruk sulit berbuah | budidaya tanaman jeruk | pohon jeruk sulit berbuah

Tahukah anda ?? ternyata banyak juga orang yang mencoba berkebun tanaman jeruk namun mereka lelah menunggu karena tanaman jeruk yang mereka tanam tidak kunjung berbuah juga. Padahal menurutnya sudah menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan terhadap tanaman jeruk nya, Hal ini tentu akan membuat sedikit kesal ... dan kecewa,

          Tapi, tentu saja rasa penasaran ada di dalam hati dan menimbulkan tanda tanya besar ... Ada apa ya ko tidak berbuah ? padahal sudah saya sirami setiap hari, sudah saya kasih pupuk juga ....??
Tahukah anda, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebab-sebab tanaman jeruk sulit berbuah, diantarnya adalah sebagai berikut :

1. Belum Cukup Umur
          Sebelum anda menanam tanaman jeruk ini, hendaknya anda mencari tahu tentang kualitas dan asal bibitnya. Asal bibit dari perbanyakan okulasi, pucuk sambung, cangkok (Vegetative) akan lebih cepat berbuah daripada perbanyakan dari biji (generative). Oleh karena itu, alangkah baiknya anda memilih tanaman jeruk yang berasal dari perbanyakan vegetative.

2. Tidak Terjadi Pembuahan
          Proses terjadinya pembuahan memerlukan angin atau serangga untuk menjatuhkan serbuk sari. Pohon jeruk yang ditanam di dalam green house (Rumah Kaca) akan lebih sulit berbuah karena ruangan tersebut dapat menahan masuknya angin dan serangga.
          Jalan keluarnya, anda bisa melakukan teknik pembuahan secara manual yaitu dengan cara menggoyangkan cabang pohon jeruk yang berbunga agar serbuk jari dapat jatuh dan terjadilah pembuahan. Lakukan cara ini secara teratur selama tunas buah belum muncul dan bunga jeruk belum rontok.

3. Kurangnya Perawatan
          Tanaman jeruk yang tidak mendapatkan asupan air yang cukup, nutrisi yang cukup dan juga kurang pemangkasan akan lebih sulit untuk berbuah. Anda bisa melakukan perawatan yang benar secara teratur, perawatan meliputi penyiraman secara rutin, pemupukan secara berkala dan juga pemangkasan di lakukan ketikan daun tanaman jeruk sudah terlihat rimbun.

4. Kurangnya Sinar Matahari
          Sinar matahari bagi tanaman sangatlah penting, karena tanpa sinar matahari yang cukup tanaman tidak akan bisa tumbuh sehat dan normal karena tidak bisa melakukan fotosintesa dengan sempurna. Jika anda menanam tanaman jeruk di dalam pot, anda bisa memindahkannya ke tempat yang memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari penuh.

5. Suhu Dingin dan Cuaca Ekstrim
          Suhu yang terlalu dingin dapat menghambat mekarnya bunga atau mematikan kuncup bunga jeruk yang muncul. Cuaca yang ekstrim juga dapat merontokkan bunga-bunga yang bermunculan.


          Demikian lah penjelasan sebab-sebab tanaman jeruk sulit untuk berbuah. Semoga bermanfaat.
-Warung Bibit-

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Jadilah Sahabat Warung Bibit

Isilah Form dibawah ini

Powered by Kirim.Email

Ada yang bisa kami bantu ?

Ada yang bisa kami bantu ?
Klik saja logo di atas

Invite Kami

Invite Kami