Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

5 Hal Penyebab Mengapa Tanaman Jeruk Sulit Untuk Berbuah - Warung Bibit

cara membuahkan buah jeruk | agar tanaman jeruk cepat berbuah | Penyebab tanaman jeruk sulit berbuah | budidaya tanaman jeruk | pohon jeruk sulit berbuah

Tahukah anda ?? ternyata banyak juga orang yang mencoba berkebun tanaman jeruk namun mereka lelah menunggu karena tanaman jeruk yang mereka tanam tidak kunjung berbuah juga. Padahal menurutnya sudah menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan terhadap tanaman jeruk nya, Hal ini tentu akan membuat sedikit kesal ... dan kecewa,

          Tapi, tentu saja rasa penasaran ada di dalam hati dan menimbulkan tanda tanya besar ... Ada apa ya ko tidak berbuah ? padahal sudah saya sirami setiap hari, sudah saya kasih pupuk juga ....??
Tahukah anda, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebab-sebab tanaman jeruk sulit berbuah, diantarnya adalah sebagai berikut :

1. Belum Cukup Umur
          Sebelum anda menanam tanaman jeruk ini, hendaknya anda mencari tahu tentang kualitas dan asal bibitnya. Asal bibit dari perbanyakan okulasi, pucuk sambung, cangkok (Vegetative) akan lebih cepat berbuah daripada perbanyakan dari biji (generative). Oleh karena itu, alangkah baiknya anda memilih tanaman jeruk yang berasal dari perbanyakan vegetative.

2. Tidak Terjadi Pembuahan
          Proses terjadinya pembuahan memerlukan angin atau serangga untuk menjatuhkan serbuk sari. Pohon jeruk yang ditanam di dalam green house (Rumah Kaca) akan lebih sulit berbuah karena ruangan tersebut dapat menahan masuknya angin dan serangga.
          Jalan keluarnya, anda bisa melakukan teknik pembuahan secara manual yaitu dengan cara menggoyangkan cabang pohon jeruk yang berbunga agar serbuk jari dapat jatuh dan terjadilah pembuahan. Lakukan cara ini secara teratur selama tunas buah belum muncul dan bunga jeruk belum rontok.

3. Kurangnya Perawatan
          Tanaman jeruk yang tidak mendapatkan asupan air yang cukup, nutrisi yang cukup dan juga kurang pemangkasan akan lebih sulit untuk berbuah. Anda bisa melakukan perawatan yang benar secara teratur, perawatan meliputi penyiraman secara rutin, pemupukan secara berkala dan juga pemangkasan di lakukan ketikan daun tanaman jeruk sudah terlihat rimbun.

4. Kurangnya Sinar Matahari
          Sinar matahari bagi tanaman sangatlah penting, karena tanpa sinar matahari yang cukup tanaman tidak akan bisa tumbuh sehat dan normal karena tidak bisa melakukan fotosintesa dengan sempurna. Jika anda menanam tanaman jeruk di dalam pot, anda bisa memindahkannya ke tempat yang memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari penuh.

5. Suhu Dingin dan Cuaca Ekstrim
          Suhu yang terlalu dingin dapat menghambat mekarnya bunga atau mematikan kuncup bunga jeruk yang muncul. Cuaca yang ekstrim juga dapat merontokkan bunga-bunga yang bermunculan.


          Demikian lah penjelasan sebab-sebab tanaman jeruk sulit untuk berbuah. Semoga bermanfaat.
-Warung Bibit-

Bang USMAN / WARUNG BIBIT
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02 Kec, Kemiri Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA = 0818 0225 7111, 0852 2836 6998

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terkini

MANGGA GOLEK INDIA DENGAN BERAGAM MANFAATNYA

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung