Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Silahkan informasi Lebih lanjut hubungi 0857-2971-0988,0852-2836-6998 Kantor buka jam 08.00-16.00 WIB

Alasan Tanaman Jeruk Harus Rajin Di Pangkas


Siapa yang tak kenal dengan pohon jeruk, hampir sebagian besar masyarakat mempunyai pohon jeruk ini ... entah hanya untuk koleksi saja / menambah keindahan halaman rumah ataupun di kebunkan dalam partai besar untuk menghasilkan uang. Nah, dalam berkebun jeruk ini tentu pekebun sudah banyak mengerti tentang bagaimana perawatan pohon jeruk / tanaman jeruk agak tetap tumbuh besar dan dapat berbuah. salah satu perawatan yang paling banyak dilakukan adalah penyiraman dan pemupukan. Namun, tahukah anda ?? banyak juga para pekebun yang melupakan " sistem pemangkasan " dalam bertanam jeruk. Padahal Pemangkasan itu sangatlah penting.


Mengapa pemangkasan pada pohon jeruk harus dilakukan ?
 
Untuk menunjang produktifitas buahnya, selain penyiraman dan pemupukan yaitu dengan cara pemangkasan ranting tanaman jeruk. Pemangkasan ini dilakukan secara rutin setiap tahun, untuk pohon jeruk yang sudah menghasilkan buah maupun yang belum pernah berbuah sama sekali.
Daun dan ranting pohon jeruk yang sangat lebat dan rimbun menandakan bahwa tanah untuk bertanam jeruk ini sangat subur. Bertanam jeruk tentu bukan kita ambil daun dan rantingnya kan ? ( Kecuali jenis jeruk purut .... ) , melainkan yang akan kita ambil adalah buah dari tanaman jeruk.

Ranting yang banyak perlu dikurangi, karena jika terlalu lebat otomatis akan mengganggu masuknya sinar matahari ke bagian dalam pohon dan tentu akan mengakibatkan bagian pohon lembab, hal inilah yang akan mengundang datang cendawan dan kutu daun karena mereka senang sekali dengan tempat yang lembab dan jauh dari paparan sinar matahari.

Beberapa ranting pohon jeruk yang perlu dipangkas diantaranya adalah ranting yang tumbuh kedalam, yang bertumpang tindih, ranting-ranting yang kurus dan tidak sehat serta ranting yang tumbuh liar. Selain itu, cabang tanaman jeruk juga perlu dipoton ujungnya sampai batas kulit batang jeruk yang berwarna hijau keabu-abuan. Dengan pemangkasan tersebut, tentunya ranting tanaman jeruk yang tidak dipangkas akan tumbuh secara maksimal dan mendapatkan nutrisi lebih banyak dari akar sehingga akan merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru dan kemudian menghasilkan bunga dan buah yang berkualitas

Cabang-cabang pohon jambu yang tumbuh dekat tanah, cabang yang merunduk sebaiknya juga dipangkas. Jika dibiarkan tumbuh dan akan berbuah maka buahnya juga tidak berkualitas baik dan selain itu juga sangat rentan ditumbuhi cendawan.
Pemangkasan ini juga harus dilakukan dengan hati-hati. Pemangkasan yang terlalu berlebihan juga tidak baik, karena akan berakibat tanaman jeruk kesulitan berfotosintesis dan menghambat pertumbuhan bunga dan buah. Dikala musim penghujan tiba, merupakan waktu yang paling baik untuk dilakukan pemangkasan ... Lakukanlah pada waktu sore hari.

Selamat mencoba ...... !!

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Peta Lokasi Kami

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan

Sedia Bibit Pisang  Kultur Jaringan
Bibit Pisang Kultur Jaringan asli hasil laboratarium. Untuk varian Rajabulu, Cavendish, Kepok, Emas Kirana, Ambon Kuning, Barangan, Tanduk dsb.

Bibit Durian Berkaki Ganda

Bibit Durian Berkaki Ganda
Bibit Durian Unggul berkaki Ganda Seperti Musangking, Bawor, Duri Hitam,dsb

Bibit Mangga Mahatir Unggul

Bibit Mangga Mahatir Unggul
Mangga ini dapat tumbuh mudah di daerah tropis Indonesia pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 2kg.

Temukan Lapak Kami

Temukan Toko Kami di

Silahkan pesan via WA

Mari Bergabung