Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Budidaya Tanaman Turi itu Mudah : Warung Bibit



Turi ?? yups, bunganya sering kita buat sayur, tumisan, lalapan, urap .. pecel/ lotek ... dan banyak kita jumpai di kebun maupun halaman-halaman rumah ataupun pekarangan. Selain bunganya bisa dimakan, pohonnya juga bisa dimanfaatkan sebagai peneduh halaman rumah.

Turi merupakan jenis pohon berkayu lunas dan mempunyai umur yang pendek. Akarnya berbintil-bintil yang berfungsi untuk menyuburkan tanah. Bunganya berukuran besar dibandingkan dengan daunnya, dan muncul dari ketiak daun. Apabila mekar, bunga turi ini hampir menyerupai kupu-kupu. Letaknya menggantung dengan 2-4 bunga yang bertangkai dan kuncupnya berbentuk sabit. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 5 - 12 meter.

Anda mungkin sudah ada mengetahuinya, bahwa tanaman turi ini ternyata berasal dari daerah Asia Tenggara dan Asia Selatan dan bahkan saat ini telah menyebar di daerah tropis lainnya. Di negara kita, tumbuhan turi mempunyai banyak nama, dan penamaan di setiap daerahnya pun berbeda-beda. Misalnya saja Turi ( Jawa, Halmahera, Sunda, Ternate, Tidore ), Tuwi ( Bali ), toroy ( Madura ), suri, turing ( Sulawesi Utara ).

Perbanyakan tanaman turi dapat dilakukan dengan biji ataupun stek batang. Untuk bibit yang bagus, pilihlah biji yang sudah tua ataupun batang yang bagus yang berasal dari pohon yang sehat. Perbanyakan dengan biji juga sangat mudah, yaitu dengan cara biji-biji tadi di semai terlebih dahulu. Biji turi yang ditabur tanpa di berikan naungan dapat berkecambah hingga 80%. Jadi tanaman ini sangat mudah untuk di budidayakan, dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dan juga tempat yang bersuhu panas maupun dingin.

Tanaman turi juga bisa di gunakan sebagai pagar hidup tanaman pertanian. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membuat pagar dan bambu ataupun tembok. Bisa juga di selang-seling dengan batang singkong. Dengan pagar hidup ini, selain tanaman pertanian tidak di rusak oleh binatang seperti ayam, bebek ataupun ituk.. pagar hidup seperti turi dan daun singkong bisa dimanfaatkan atau di jual sayurnya sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

Jika anda ingin bertanam turi dan belum mempunyai tanaman turi untuk di budidayakan, silahkan anda bisa mendapatkan bibitnya hanya di tempat kami :

WARUNG BIBIT / Bang USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02/ 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp / WA : 0857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami