Mari Sayangi Planet Bumi Kita dengan Gerakan Tanam Pepohonan

Kami Buka jam 08.00 WIB- 16.00 WIB Silahkan ke tempat kami di Bulusari Karangduwur, Kemiri, Purworejo, Jateng

Salam Go Green

Semua Tentang Alpukat ( Syarat Tumbuh, Penanaman, Budidaya) : Warung Bibit

 

Tanaman alpukat banyak di budidayakan di negara Indonesia. Selain buahnya bisa di konsumsi langsung, juga mempunyai manfaat lainnya. Biji alpukat sering di manfaatkan pada industri pakaian sebagai perwarna agar tidak mudah luntur. Sedangkan batang pohon / ranting nya biasa di gunakan sebagai kayu bakar. Tak hanya itu saja, alpukat telah banyak di gunakan sebagai bahan dasar pada pembuatan alat-alat kosmetik dan kecantikan.

Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat
       Tanaman ini juga sama seperti tanaman lainnya, yang sangat menginginkan kondisi tanah dan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan nya yang baik. Jika faktor tersebut tidak terpenuhi, maka akan menghasilkan tanaman yang kurang sehat atau pertumbuhannya terhambat. Tanaman alpukat ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. serta beriklim tropis antara 1 -  1500 m dpl. Namun yang paling baik tanaman ini di tanam pada ketinggian 200 - 1000 m dpl dengan kadar curah hujan minimum yaitu 750 - 1000 mm / tahun atau minimal ( 2 - 6 bulan kering ). Alpukat menghendaki tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air dengan sistem drainase  ( pembungaan air yang baik ) serta banyak mengandung bahan organik.


Pembibitan Tanaman Alpukat 
       Tanaman alpukat ini dapat di perbanyak dengan 3 cara diantaranya perbanyakan dari biji alpukat, sambung pucuk ( enten) serta Okulasi ( Penempelan mata tunas). Dan tentunya dari 3 teknik perbanyakan tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masih. Namun memang yang paling banyak di sukai yaitu perbanyakan dari sistem vegetative ( Okulasi dan Sambung Pucuk ), Karena masa berbuahnya lebih cepat jika dibandingkan dengan perbanyakan yang berasal dari biji ( generative ). Jika kita memilih perbanyakan dari biji, maka akan memerlukan waktu yang lama yaitu sekitar 7 tahun. Namun jika perbanyakan dari vegetative baik enten maupun okulasi maka akan dapat berbuah pada umur 2-3 tahun saja. Tentu lebih cepat dan efisien kan ?

Untuk perbanyakan dari biji hendaknya di pilih biji yang berkualitas yaitu berasal dari buah alpukat yang baik dan cukup tua. Kemudian biji tersebut bisa di tanam tipis di atas tanah yang subur. Cara lain juga bisa dengan menaruh biji terendam separuh di atas wadah yang berisi air hingga biji-biji tersebut tumbuh, dan setelah cukup besar bisa di pindahkan ke dalam lubang-lubang tanam yang telah di sediakan.


Teknik Penanaman Tanaman Alpukat
       Waktu penanaman bibit alpukat yang baik yaitu pada pagi saat tengah masuk musim penghujan. Hal ini dilakukan untuk menjaga bibit alpukat, agar tidak memasuki fase musim kering yang dapat mengakibatkan kematian karena kekeringan. Lubang tanam di buat dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm dengan kedalaman 40 cm. Lubang tanam tersebut di isi dengan pupuk kandang / pupuk kompos sebanyak 10 - 15 kg. Kemudian biarkan selama 1 - 2 minggu. Setelah itu barulah masukkan bibit alpukat tepat di dalam lubang tanam tersebut sejajar dengan permukaan tanah kemudian tutup lubang tersebut dengan lapisan atas dan bawah kemudian padatkan dan ratakan.


Pemupukan tanaman alpukat
       Pemupukan pada tanaman bertujuan untuk memberikan unsur hara makro ataupun mikro ke dalam tanah agar tanaman dapat tumbuh subur, cepat berbuah dan menghasilkan buah yang maksimal. Sehingga pemupukan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan tanaman alpukat saat berbuah.

Waktu yang tepat saat melakukan pemupukan adalah di awal musim penghujan, Agarnya hasilnya bisa maksimal. Jenis pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk buatan ( pupuk kandang / pupuk kompos ) maupun pupuk kimia.

Contoh ukuran yang tepat saat  pemberian pupuk menggunakan pupuk kimia untuk tanaman alpukat  :
  • Anda bisa memberikan pupuk NPK sebanyak 500 gram pada saat tanaman alpukat memasuki umur 1 tahun. Jumlah pupuk yang di berikan harus sesuai takaran / umur tanaman. Hindari pemberian pupuk secara berlebihan karena akan merusak tanaman tersebut. Untuk pemberian pupuknya, jumlah nya meningkat setiap tahun sesuai dengan umur alpukat tersebut 1 kg NPK pada umur tanaman 2 tahun. 1,5 kg pupuk NPK pada umur 3 tahun dan 2 kg pupuk NPK pada umur tanaman 4 tahun. 
  • Teknik pemberian pupuk dapat di lakukan dengan teknik rorak ( selokan ) melingkari tanaman dengan kedalaman 10 - 15 cm. Lingkaran berubah mengikuti pertumbuhan tanaman dan tajuk pohon, serta taburkan pupuk secara merata ke rorak dan tutup kembali dengan tanah.






Memang bagi yang suka berkebun, sangatlah mudah untuk menanam/ membudidayakan tanaman alpukat ini. Meskipun butuh ketelatenan yang ekstra, namun semua rasa lelah saat merawatnya akan terbayarkan ketika kita melihat tanaman yang telah kita rawat tumbuh subur dan menghasilkan buah. Selain bisa di petik langsung untuk di nikmati sendiri, juga bisa menambah pendapatan keluarga melalui penjualan buah alpukat ini.

Mari berkebun Alpukat. dan dapatkan bibit unggulnya hanya di tempat kami. Tersedia juga aneka jenis bibit alpukat seperti bibit alpukat aligator pear, alpukat hawai jumbo, alpukat kendil, alpukat ijo panjang serta alpukat mentega / miki. Aneka jenis tanaman buah lainnya juga bisa anda dapatkan di sini lho ...

Alamat kami :

Bang USMAN / Warung Bibit
Jln. Kutoarjo - Bruno Km 07 desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari RT 02 / 02 Kec. Kemiri Kab. Purworejo
Jawa Tengah
Telp / Wa = 857 2971 0988

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra Berkebun Anda

Stop Global Warming !

Anda Bertanya, Kami Menjawab

Invite Kami

Invite Kami